-->
Contoh Visi, Misi Dan Tujuan Sekolah

Contoh Visi, Misi Dan Tujuan Sekolah



Visi sekolah


VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A.  Visi Dan Indikator Visi Satuan Pendidikan
Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Islami, Unggul Dan Kompetitif.
     Indikator Visi / Profil Out Put :
1.             Bertauhid kuat
2.             Berakhlaq qur’ani
3.             Beribadah tekun
4.             Berdakwah aktif
5.             Baik dalam penguasaan Al Qur’an
6.             Baik dalam bidang akademik
7.             Baik dalam bidang Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
8.             Baik dalam bidang kecakapan hidup dan pengelolaan lingkungan hidup
B.        Misi Satuan Pendidikan
a)    Bertauhid Kuat
Indikator :
1.    Santri memahami ilmu akidah yang benar sesuai pemahaman salaf sehingga ridho Allah sebagai Robbnya, Islam sebagai agamanya, Muhammad sebagai Nabi dan Rasulnya yang tercermin dalam keyakinan, cara berfikir, perasaan/selera dan tingkah laku.
2.    Bebas dari syirik, takhayul, bid’ah, khurafat  dan sekularisme, pluralisme dan liberalisme.
3.    Hafal dan faham ayat-ayat dan hadits-hadits tentang ketauhidan.
Program Kegiatan :
·                    Program idad aqidah
·                    Pembelajaran materi akidah
·                    Tadabbur alam dan ayat
·                    Menerapkan prinsip “semua ustadz adalah guru akidah
·                    Malam bina dan taqwa (mabit)
b)  Berakhlak qur’ani
Indikator :
1.                       Memiliki aklak, adab dan kepribadian yang baik.
2.                       Menggambarkan identitas sebagai seorang muslim yang baik.
3.                       Hafal dan faham beberapa ayat dan hadits tentang akhlak.
4.                       Santun, hormat dan patuh kepada orang tua, ustadz/pengasuh dan yang lebih tua.
5.                       Sopan dan santun dalam berbicara dan bertingkah laku.
6.                       Mengaplikasikan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun).
7.                       Memiliki kepedulian terhadap kebersihan, keindahan, dan kelestarian lingkungan.
Program kegiatan :
·       Pembelajaran materi  akhlaq
·       Pelatihan kepribadian
·       Pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dengan keteladanan
·       Halaqah
·       Weekand spirit
·       Kunjungan tokoh
·       Controlling dan pembinaan
c)      Beribadah tekun
Indikator:
1.    Menunaikan ibadah sholat dengan semangat dan tidak terpaksa
2.    Hafal dan memahami makna dari bacaan sholat
3.    Melakukan gerakan sholat dengan benar  sesuai sunnah
4.    Mampu menjadi imam sholat
5.    Rajin puasa sunnah (senin, kamis, syawal, arafah, dll)
6.    Gemar menunaikan sholat lail dan sholat sunnah lainnya
7.    Hafal dan mengamalkan wirid dan doa (setelah sholat dan atau harian).
Program kegiatan :
·       Program idad fiqih ibadah
·       Pembiasaan sholat berjamaah yang disiplin dan terkontrol
·       Pembiasaan sholat nawafil
·       Pembiasaan puasa sunnah
·       Buka puasa bersama
·       Taushiah periodik
·       Controling dan pembinaan rutin 
·       Muhasabah ibadah santri
d)     Berdakwah aktif
Indikator :                                                  
  1. Dapat menjadi contoh yang baik  bagi  lingkungannya (bil hal)
  2. Mampu memberikan kultum dan pembacaan hadits pilihan.
  3. Dapat mengajak kepada kebaikan dalam bentuk  verbal (bil lisan)
  4. Berani mencegah dan melawan kemungkaran
Program kegiatan:
·       Pembiasaan perilaku yang baik kepada santri dengan sistem keteladanan dari ustadz, pengasuh, santri kelas atas sampai  kelas  bawah.
·       Pelatihan kultum/ khitobah / pidato
·       Mengadakan lomba pidato di lingkungan pesantren
·       Mengikuti lomba pidato ditingkat lokal maupun regional
·       Kultum ba’da sholat tarawih                                     
·       Mengaktifkan santri dalam program-program sekolah khususnya di  masjid dan asrama.
·       Membaca hadits pilihan ba’da sholat duhur
e)      Baik dalam penguasaan Al Qur’an
Indikator :
1.    Rajin membaca Al Qur’an
2.    Santri memiliki kemampuan bacaan Al Quran dengan tartil  yang standar sesuai aturan makhroj dan tajwid
3.    Santri mampu menghafal Al Qur’an 6 juz : 1, 2, 3, 4, 29, dan 30
4.    Santri mampu menulis khot nashi juz 30 dan 29.
5.    Santri memiki kemampuan menerjemahkan dan memahami ayat dan atau surat pilihan dalam Al Qur’an
Program Kegiatan:
·       Program Idad Tahsin Al Quran
·       Halaqah Al Qur’an yang terprogram dengan baik
·       Semaan  Al Qur’an secara rutin dan terjadwal di masjid bekerjasama dengan biro Al Quran dan bahasa.
·       Ujian  tertutup dan terbuka tahfidz Al Quran
·       Sertifikasi tahfidz Al Qur’an
·       Pembiasaan membawa Al Qur’an setiap saat.
f)       Baik dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
Indikator:
1.    Santri mampu membaca, berbicara, dan menulis secara aktif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
2.    Memiliki keterampilan menulis Al Qur’an dengan khot nashi juz 30 dan 29.
3.    Nilai ujian nasional/sekolah  dengan skor minimal 8,50.
4.    Lulus ujian TOEFL dan TOAFL dengan skor minimal 400
Program Kegiatan :
·                Rekayasa lingkungan berbahasa dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
·                Bimbingan belajar dan program Iintensif Bahasa Inggris
·                Tasyji’ rutin dari sekolah dan controling
·                Mahkamah lughoh
·                Muhadatsah
·                Orkestrasi lingkungan dan penempelan kosa kata
·                Pionering
·                Bahasa pengantar PBM dengan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris
·                Menjalankan slogan “ NO ENGLISH OR ARABIC NO SERVICE”
·                Mengundang native speaker
·                Gerakkan Mmengarang dalam Bahasa Arab dan atau Bahasa Inggris
·                Pentas bahasa
·                Pidato, kultum, dan pembacaan hadits  dengan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
·                Bekerjasama dengan lembaga penyelenggara Ujian TOEFL dan TOAFL.
g)      Baik dalam bidang akademik
Indikator :
1.         Tingkat kelulusan tercapai 100%.
2.         Jumlah nilai rata-rata ujian nasional  34,00
3.         Jumlah nilai ujian nasional tertinggi  39,50
4.         Jumlah nilai ujian nasional terendah 24,00
5.         Memiliki orientasi yang benar dalam menentukan masa depannya
Program kegiatan :
·           PBM dengan pendekatan metode Integral Learning dan Problem Solving
·           Pengadaan remidial dan pengayaan
·           Pembentukan klub bidang studi/ MGMP
·           Pembinaan olimpiade matematika dan fisika
·           Program research science
·           Bimbingan belajar mata pelajaran UN
·           Program intensif ujian nasional
·           Perpustakaan digital
·           Pemetaan Kkemampuan akademik siswa dengan tes potensi akademik serta pembinaan dan pendampingan yang intensif berdasarkan spesifikasinya.
h)      Baik dalam life skill dan pengelolaan lingkungan sekolah
Indikator:
(i). Soft skill
1.        Empati  dan mau berkorban
2.         Saling menghargai dan menyayangi
3.         Tanggung jawab
4.         Mandiri
5.         Mampu menyikapi dan menyelesaikan masalah dengan sabar dan benar
6.         Disiplin
Program Kegiatan :
·                 Infak rutin dan insidentil
·                 Pandu AL Madinah
·                 Kontrol kedisiplinan
·                 Gerakan berbagi sesama
·                 Supercamp
·                 Menjadikan soft skill sebagai ruh dari seluruh kegiatan pesantren
·                 Bakti Sosial: panti jompo, panti asuhan, bencana alam, dll
(ii). Vocational skill
1.         Trampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
2.         Terampil dalam mendaur ulang sampah menjadi barang benilai tinggi.
3.         Terampil berpidato dengan Bahasa  Arab, Inggris dan Indonesia. 
4.         Peka terhadap kebersihan, keasrian dan keindahan di lingkungan sekolah.
5.         Menguasai seni bela diri
6.         Memiliki orientasi yang benar dan mengoptimalkan terhadap kemampuan bakat minat/potensial diri.
Program kegiatan :
·       Pembelajaran materi teknologi informasi dan telekomunikasi
·       Handycraft, menyulam,
·       Khitobah dan pembacaan hadits
·       Pandu AL Madinah
·       Bela diri pencak silat
·       Ekstra kurikuler wajib dan pilihan yang meliputi : Pramuka, kaligrafi, nasyid, Jurnalis, Seni Al Qur’an, Olimpiade Matematika dan Fisika, Arabic Club, English Club,dan Pidato.
C. Tujuan Satuan Pendidikan
Menyelenggarakan pendidikan muslim dengan sistem integral yang memadukan aspek intelektual, mental-spiritual, dan life skill sehingga melahirkan generasi muslim yg bertaqwa, cerdas dan mandiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel