Contoh Visi, Misi Dan Tujuan Sekolah
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A.
Visi Dan Indikator Visi Satuan Pendidikan
Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Islami, Unggul Dan Kompetitif.
Indikator Visi / Profil Out
Put :
1.
Bertauhid kuat
2.
Berakhlaq qur’ani
3.
Beribadah tekun
4.
Berdakwah aktif
5.
Baik dalam penguasaan Al Qur’an
6.
Baik dalam bidang akademik
7.
Baik dalam bidang Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
8.
Baik dalam bidang kecakapan hidup dan pengelolaan lingkungan hidup
B.
Misi Satuan Pendidikan
a)
Bertauhid Kuat
Indikator :
1.
Santri memahami ilmu akidah
yang benar sesuai pemahaman salaf sehingga ridho Allah sebagai Robbnya, Islam
sebagai agamanya, Muhammad sebagai Nabi dan Rasulnya yang tercermin dalam
keyakinan, cara berfikir, perasaan/selera dan tingkah laku.
2.
Bebas dari syirik, takhayul,
bid’ah, khurafat dan sekularisme,
pluralisme dan liberalisme.
3.
Hafal dan faham ayat-ayat dan
hadits-hadits tentang ketauhidan.
Program Kegiatan :
·
Program idad aqidah
·
Pembelajaran materi akidah
·
Tadabbur alam dan ayat
·
Menerapkan prinsip “semua ustadz adalah guru akidah”
·
Malam bina dan taqwa (mabit)
b) Berakhlak qur’ani
Indikator :
1.
Memiliki aklak, adab dan kepribadian yang baik.
2.
Menggambarkan identitas
sebagai seorang muslim yang baik.
3.
Hafal dan faham beberapa ayat
dan hadits tentang akhlak.
4.
Santun, hormat dan patuh
kepada orang tua, ustadz/pengasuh dan yang lebih tua.
5.
Sopan dan santun dalam
berbicara dan bertingkah laku.
6.
Mengaplikasikan 5 S (senyum,
salam, sapa, sopan dan santun).
7.
Memiliki kepedulian terhadap
kebersihan, keindahan, dan kelestarian lingkungan.
Program kegiatan :
·
Pembelajaran materi akhlaq
·
Pelatihan kepribadian
·
Pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari dengan keteladanan
·
Halaqah
·
Weekand spirit
·
Kunjungan tokoh
·
Controlling dan pembinaan
c)
Beribadah tekun
Indikator:
1. Menunaikan
ibadah sholat dengan semangat dan tidak terpaksa
2. Hafal dan memahami
makna dari bacaan sholat
3. Melakukan
gerakan sholat dengan benar sesuai sunnah
4. Mampu
menjadi imam sholat
5. Rajin puasa sunnah (senin, kamis, syawal, arafah, dll)
6. Gemar
menunaikan sholat lail dan sholat sunnah lainnya
7. Hafal dan mengamalkan wirid dan doa (setelah sholat dan atau harian).
Program kegiatan :
·
Program idad fiqih ibadah
·
Pembiasaan sholat berjamaah
yang disiplin dan terkontrol
·
Pembiasaan sholat nawafil
·
Pembiasaan puasa sunnah
·
Buka puasa bersama
·
Taushiah periodik
·
Controling dan pembinaan
rutin
·
Muhasabah ibadah santri
d)
Berdakwah aktif
Indikator :
- Dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungannya (bil hal)
- Mampu memberikan kultum dan pembacaan hadits pilihan.
- Dapat mengajak kepada kebaikan dalam bentuk verbal (bil lisan)
- Berani mencegah dan melawan kemungkaran
Program kegiatan:
·
Pembiasaan perilaku yang baik
kepada santri dengan sistem keteladanan dari ustadz, pengasuh, santri kelas
atas sampai kelas bawah.
·
Pelatihan kultum/ khitobah /
pidato
·
Mengadakan lomba pidato di
lingkungan pesantren
·
Mengikuti lomba pidato
ditingkat lokal maupun regional
·
Kultum ba’da sholat tarawih
·
Mengaktifkan santri dalam
program-program sekolah khususnya di
masjid dan asrama.
·
Membaca hadits pilihan ba’da
sholat duhur
e)
Baik dalam penguasaan Al
Qur’an
Indikator :
1. Rajin membaca Al Qur’an
2. Santri
memiliki kemampuan bacaan Al Quran dengan tartil yang standar sesuai aturan makhroj dan
tajwid
3. Santri
mampu menghafal Al Qur’an 6 juz : 1, 2, 3, 4, 29, dan 30
4. Santri mampu menulis khot
nashi juz 30 dan 29.
5. Santri memiki kemampuan menerjemahkan dan memahami ayat dan atau surat pilihan dalam Al Qur’an
Program Kegiatan:
·
Program Idad Tahsin Al Quran
·
Halaqah Al Qur’an yang
terprogram dengan baik
·
Semaan Al Qur’an secara rutin dan terjadwal di
masjid bekerjasama dengan biro Al Quran dan bahasa.
·
Ujian tertutup dan terbuka tahfidz Al Quran
·
Sertifikasi tahfidz Al Qur’an
·
Pembiasaan membawa Al Qur’an
setiap saat.
f)
Baik dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
Indikator:
1. Santri mampu membaca,
berbicara, dan menulis secara aktif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
2. Memiliki keterampilan menulis
Al Qur’an dengan khot nashi juz 30 dan 29.
3. Nilai ujian
nasional/sekolah dengan skor minimal
8,50.
4. Lulus ujian TOEFL dan TOAFL
dengan skor minimal 400
Program Kegiatan :
·
Rekayasa lingkungan berbahasa
dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
·
Bimbingan belajar dan program
Iintensif Bahasa Inggris
·
Tasyji’ rutin dari sekolah dan
controling
·
Mahkamah lughoh
·
Muhadatsah
·
Orkestrasi lingkungan dan
penempelan kosa kata
·
Pionering
·
Bahasa pengantar PBM dengan
menggunakan Bahasa Arab dan Inggris
·
Menjalankan slogan “ NO
ENGLISH OR ARABIC NO SERVICE”
·
Mengundang native speaker
·
Gerakkan Mmengarang dalam
Bahasa Arab dan atau Bahasa Inggris
·
Pentas bahasa
·
Pidato, kultum, dan pembacaan
hadits dengan menggunakan Bahasa Arab
dan Bahasa Inggris
·
Bekerjasama dengan lembaga
penyelenggara Ujian TOEFL dan TOAFL.
g)
Baik dalam bidang akademik
Indikator :
1.
Tingkat kelulusan tercapai
100%.
2.
Jumlah nilai rata-rata ujian
nasional 34,00
3.
Jumlah nilai ujian nasional
tertinggi 39,50
4.
Jumlah nilai ujian nasional
terendah 24,00
5.
Memiliki orientasi yang benar
dalam menentukan masa depannya
Program kegiatan :
·
PBM dengan pendekatan metode Integral Learning dan Problem Solving
·
Pengadaan remidial dan
pengayaan
·
Pembentukan klub bidang studi/
MGMP
·
Pembinaan olimpiade matematika
dan fisika
·
Program research science
·
Bimbingan belajar mata
pelajaran UN
·
Program intensif ujian
nasional
·
Perpustakaan digital
·
Pemetaan Kkemampuan akademik
siswa dengan tes potensi akademik serta pembinaan dan pendampingan yang
intensif berdasarkan spesifikasinya.
h)
Baik dalam life skill dan
pengelolaan lingkungan sekolah
Indikator:
(i). Soft skill
1.
Empati dan mau berkorban
2.
Saling menghargai dan
menyayangi
3.
Tanggung jawab
4.
Mandiri
5.
Mampu menyikapi dan menyelesaikan
masalah dengan sabar dan benar
6.
Disiplin
Program Kegiatan :
·
Infak rutin dan insidentil
·
Pandu AL Madinah
·
Kontrol kedisiplinan
·
Gerakan berbagi sesama
·
Supercamp
·
Menjadikan soft skill sebagai
ruh dari seluruh kegiatan pesantren
·
Bakti Sosial: panti jompo,
panti asuhan, bencana alam, dll
(ii). Vocational skill
1.
Trampil menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi
2.
Terampil dalam mendaur ulang
sampah menjadi barang benilai tinggi.
3.
Terampil berpidato dengan
Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.
4.
Peka terhadap kebersihan,
keasrian dan keindahan di lingkungan sekolah.
5.
Menguasai seni bela diri
6.
Memiliki
orientasi yang benar dan mengoptimalkan terhadap kemampuan bakat
minat/potensial diri.
Program kegiatan :
·
Pembelajaran materi teknologi
informasi dan telekomunikasi
·
Handycraft, menyulam,
·
Khitobah dan pembacaan hadits
·
Pandu AL Madinah
·
Bela diri pencak silat
·
Ekstra kurikuler wajib dan pilihan yang meliputi : Pramuka, kaligrafi,
nasyid, Jurnalis, Seni Al Qur’an, Olimpiade Matematika dan Fisika, Arabic Club,
English Club,dan Pidato.
C. Tujuan Satuan Pendidikan
Menyelenggarakan
pendidikan muslim dengan sistem integral yang memadukan aspek intelektual,
mental-spiritual, dan life skill sehingga melahirkan generasi muslim yg
bertaqwa, cerdas dan mandiri.