Laporan PKB
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
( P K B )
Nama :
Agung Ivano Putra, S. Pd
Jabatan
Guru :
Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu
Nama
Sekolah :
SMP Al
Madinah
Alamat
Sekolah : Jl. Lintas Solok-Padang km. 17 Jorong Talago
Desa :
Guguak
Kecamatan : Gunung
Talang
Kabupaten : Solok
TAHUN 2018
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN
Jenis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Yang sudah saya lakukan adalah
:
A.
Kegiatan Pengembangan
Diri :
1.
Mengikuti Pelatihan Pembuatan Makalah
Solok, November 2018
Penyusun/Guru Yang dinilai
Disahkan oleh :
Kepala SMP Al Madinah
BAdri Warman, S. Pd
|
Koordinator
PKB
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
Agung Ivano Putra, S. Pd
|
KATA
PENGANTAR
Undang –
Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang guru
dan dosen mengamanatkan bahwa
guru wajib meningkatkan kualifikasi
akademiknya dan kompetensinya secara terus menerus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
Sejalan dengan hal tersebut menurut Peraturan Menteri
Negara PendayagunaanAparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
No.16 tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya,
dimana jabatan fungsional
guru saat ini menjadi jabatan ahli.
Pengembangan karier guru untuk naik setingkat lebih tinggi
di unsure utama disyaratkan
yang merupakan kewajiban harus melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang berupa kegiatan pengembangan diri,
publikasi ilmiah dan karyainovatif.
Untuk memenuhi kewajiban tersebut kami
telah melakukan dan mengikuti berbagai kegiatan untuk memenuhi persyaratan dan kewajiban
dalam penilaian kinerja guru agar kami dapat memperoleh nilai kinerja dan angka
kredit.
Demikian laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang dapat kami lakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan keprofesionalan
kami, semoga bermaanfaat.
Solok, November 2019
Penyusun
Agung
Ivano Putra, S. Pd
I. KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
Dalam kurun waktu Juli
s.d. Desember 2018, penulis telah mengikuti 1
(satu) Kegiatan Pengembangan Diri seperti
yang terinci pada matrik sbb
:
No.
|
NamaKegiatan
|
Tahun
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Penyelenggara
|
1
|
Mengikuti Pelatihan Pembuatan
Makalah
|
2018
|
14 November 2018
|
Forum MGMP Kab Solok
|
Koordinator
PKB
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
Agung Ivano Putra, S. Pd
|
Solok,
November 2018
Penyusun
RAgung Ivano Putra, S. Pd
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Al Madinah
Adri Warman, S. Pd
LAPORAN
Mengikuti Pelatihan Pembuatan Makalah
OLEH
NAMA : Agung
Ivano Putra, S. Pd
GURU BIDANG STUDY : IPS Terpadu
NAMA SEKOLAH : SMP Al Madinah
SMP AL MADINAH
TAHUN
2018
LAPORAN
Mengikuti Pelatihan Pembuatan Makalah
A.
Pendahuluan
Puji syukur
kami ucapkan kepada Allah SWT atas limpahan karunianya sehingga
kami telah menyelesaikan kegiatan peningkatan kompetensi melalui kegiatan Mengikuti Pelatihan Pembuatan
Makalah. Kegiatan ini dilakukan karena kebutuhan
guru untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi baru bias terlihat setelah selesai kegiatan-kegiatan
ini. Dalam upaya mewujudkan manusia seutuhnya,
maka pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan meningkatkan
mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan manusia seutuhnya
yang termaktub di dalam pembukaan UUD 1945.
Dalam UU
RI No.20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada
Bab II Pasal 3 disebutkan bahwa, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradabanbangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah
SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara
yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menghadapi pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam
era globalisasi saat ini maka pendidikan
Indonesia perlu segera dibenahi dengan melibatkan stakeholders dan semuapihak
yang terkait dalam kemajuan pendidikan dengan menekankan dan menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan
di Indonesia. Oleh karena itu,
pemerataan dan perluasan peningkatan mutu pendidikan perlu menjadi prioritas
demi terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan lebih produktif,
kreatif, inovatif dan kontributif dalam membangun pendidikan nasional. Pada gilirannya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan tersebut diharapkan mampu mendorong terwujudnya insan
Indonesia yang cerdas dan kompetitif
di dunia internasional. Sumber daya manusia pendidikan
yang di dalamnya meliputi guru dan tenaga kependidikan lainnya merupakan bagian dari sumber daya manusia pembangunan nasional
yang memiliki peran sentral dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan
di tanah air kita ini.Oleh karena itu,
perlu pembinaan secara terus menerus.
A. Alasan Mengikuti Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah
Alasan mengikuti kegiatan Mengikuti
Pelatihan Pembuatan Makalah“ adalah untuk meningkatkan
kompetensi dan wawasan dan meningkat kanprofesionalisme dan karir kami dalam Penilaian
Kinerja Guru yang mengacu pada Peraturan Perdiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang
Penilaian Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
B.
Pelaksanaan
( waktu, tempat, dan jadwal kegiatan )
Pelaksanaan kegiatan Mengikuti Pelatihan Pembuatan Makalah dilaksanakan pada tanggal 14 november 2018 bertempat di SMP N 2 Talang Kab Solok, Sedangkan materi
yang diikuti meliputi :
1. Pengembangan kompetensi guru yang
dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk
meningkatkan profesionalitasnya
2. Jenis publikasi ilmiah
3. Presentasi
pada forum ilmiah
C.
Strategi Pelaksanaan Kegiatan Mengikuti Pelatihan Pembuatan
Makalah
Untuk mencapai semua
kompetensi yang diharapkan tersebut, Mengikuti Pelatihan Pembuatan Makalah“
dilakukan berbagai cara baik secara teori, praktik, dan
simulasi agar Bersama Menteri
Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk
Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dapat dilaksanakan
dengan baik
D.
Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Manfaat yang dapat diperoleh dalam kegiatan pelatihan pembuatan makalah tersebut adalah meningkatnya kompetensi saya, wawasan dan keterampilan dalam
membuat
makalah yang diamanatkan sesuai dengan PERMENPAN -RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk
Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru
dan Angka Kreditnya
E.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan
diri ini adalah saya akan melakukan diseminasi
kepada teman-teman guru di sekolah saya, dengan jadwal yang akan dibicarakan
dengan kepala sekolah.
F.
Penutup
Setelah saya mengikuti kegiatan mengikuti pelatihan pembuatan
makalag“ tersebut, kesimpulan yang dapat saya
tarik dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kompetensi saya sebagai guru dan menambah profesionalitas saya dalam melakukan tugas
sehari-hari sebagai pendidik.