Contoh RPP K 13 IPS SMP Untuk Microteaching
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP Al
Madinah
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester
: VIII / I
Materi
Pokok : Perubahan
keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN
Alokasi
Waktu : 2 x 40
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1
dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
·
Memahami dampak positif dan
negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah menonton
video santri dapat :
·
Memahami
dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
·
Membuat
karya tulis dengan topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar
Negara-Negara ASEAN”
D.
Materi
Pembelajaran
·
Dampak
positif dan negative dari perdagangan antar negara-negara Asean
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi
dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
LCD
Proyektor
Alat/Bahan
·
Laptop
& infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku
Mandiri IPS Terpadu SMP/MTs Kelas VIII/ K 13. Erlangga.
·
Buku
refensi yang relevan,
·
Internet
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Sintaks
Model
Problem Based
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Tadarus Al Qur,an dan memeriksa kehadiran santri
2.
Memberi
motivasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran.
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
4.
Menyampaikan
cakupan materi
Menginformasikan
teknik penilaian yang digunakan selama proses pembelajaran
|
10
Menit
|
Kegiatan Inti
|
Tahap –
1
Merumuskan pertanyaan |
1.
Merumuskan
pertanyaan dampak positif dan negative perdagangan antar negara ASEAN
2.
Guru menayangkan
video tentang dampak positif dan dampak negative perdagangan antar negara
ASEAN.
3.
Santri
menganalisis video tersebut dan menyimpulkan menggunakan bahasa mereka
sendiri
4.
Memotivasi
peserta didik untuk terlibat dalam pemecahan masalah yang dipilih
|
15
Menit
|
|
Tahap –
2
Merencanakan |
1.
Peserta didik
berbagi tugas dalam mencari pemecahan masalah dampak negative perdagangan
antar negara ASEAN
|
10
Menit
|
|
Tahap – 3
Mengumpulkan dan menganalisis data |
1.
Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangkunya dalam membuat karya
tulis dengan tema dampak positif dan dampak negative perdagangan antar negara
ASEAN
|
10
Menit
|
|
Tahap –
4
Menarik simpulan |
1.
Guru
membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan laporan yang sesuai.
|
10
Menit
|
|
Tahap –
5
Aplikasi dan Tindak lanjut |
1.
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
|
15
Menit
|
Penutup
|
|
1. Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2. Guru memberikan penjelasan atas
pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
3. Guru menutup pelajaran
dengan do,a
|
10
Menit
|
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Aftab Fardia R
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ahmad Hanafi
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ahmad Zikri
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aldika Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alkanzu
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Angon Sasmito
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Aufa Al Faiz
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fadhil Muhammad
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Faiz Abiyul Ghani
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fauzan Afif
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Firdaus Al Deni
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Habel Haikal
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Halim Nugraha
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Kevin Syafaat
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Khairil Fadli
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maesur Zaky
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Maulana Satria F
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muhammad Kurnia Luthfi T
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad Zulfikar
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nafis Rahman Zulmi
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Rafli Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Sakti Maulana S
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Syahrul Fath
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Zaki Fazil Aslam
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
Mengetahui Solok, Agustus 2019
Kepala SMP Al Madinah Guru
Mata Pelajaran
Adri Warman, S. Pd Agung
Ivano Putra, S. Pd
Catatan
Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................