Contoh Lembar Penilaian Microteaching
LEMBAR
PENILAIAN MICROTEACHING
Nama Calon Pegawai :
No Peserta :
Bidang Studi :
Materi :
Berikanlah nilai (0,1,2)
pada kolom yang sudah disediakan
NO |
Uraian Kegiatan |
Hasil Pengamatan |
||
0 |
1 |
2 |
||
1 |
Kesesuaian tujuan dengan kompetensi dasar (KD) dan Indikator yang akan
dicapai. |
|
|
|
2 |
Rumusan tujuan
meliputi komponen ABCD (Audience, Behaviour, Condition, Degree), menggunakan kata kerja operasional yang tepat. |
|
|
|
3 |
Rumusan tujuan
mengimplementasikan HOTS (Higher Order Thinking Skills). |
|
|
|
4 |
Merancang materi
pembelajaran sesuai dengan KD dan indikator berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge). |
|
|
|
5 |
Menyusun materi
pembelajaran secara komprehensif. |
|
|
|
6 |
Merancang materi
pembelajaran secara kohesif dan berurutan secara logis. |
|
|
|
7 |
Merancang materi
pembelajaran yang relevan dengan kondisi dan kehidupan nyata serta
berorientasi abad 21. |
|
|
|
8 |
Merancang Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) sesuai dengan indikator dan materi pembelajaran. |
|
|
|
9 |
Menentukan model
pembelajaran dan merancang strategi yang mengadaptasi pendekatan TPACK. |
|
|
|
10 |
Merancang strategi pembelajaran berbasis kecakapan abad 21.
|
|
|
|
11 |
Kecakapan abad 21: berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. |
|
|
|
12 |
Merancang
skenario pembelajaran inovatif dengan menggunakan pendekatan, model, metode
yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran |
|
|
|
13 |
Merancang skenario
pembelajaran kreatif yang bermakna dan menyenangkan. |
|
|
|
14 |
Memanfaatkan TIK dengan
multi moda untuk merancang media pembelajaran. |
|
|
|
15 |
Memanfaatkan media
konkret/benda nyata dalam pembelajaran. |
|
|
|
16 |
Merancang pemanfaatan
media pembelajaran untuk melatih sikap dan keterampilan. |
|
|
|
17 |
Memanfaatkan
peristiwa atau permasalahan kehidupan nyata yang menarik sebagai sumber
belajar |
|
|
|
19 |
Memanfaatkan sumber
belajar melalui internet/sumber online |
|
|
|
20 |
Merancang evaluasi yang
sesuai dengan indikator pembelajaran, yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. |
|
|
|
21 |
Merancang
evaluasi autentik. |
|
|
|
22 |
Menyusun
instrumen evaluasi HOTS |
|
|
|
LEMBAR
PENGAMATAN KINERJA GURU
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Mahasiswa :
Kelas/Semester :
Tema/Subtema :
Pembelajaran ke :
Berikanlah tanda centang (Ö)jika
praktikan melakukan/melaksanakan atau menampilkan perilaku yang diinginkan
sesuai lembar observasi ini!
NO |
Uraian Kegiatan |
Hasil Pengamatan |
1 |
Guru menampilkan wajah yang ceria |
|
2 |
Guru memberikan perhatian pada siswa |
|
3 |
Guru menampilkan keserasian berbusana |
|
4 |
Guru menginspirasi dan memotivasi peserta
didik |
|
5 |
Guru bertutur kata yang santun dan artikulatif |
|
6 |
Guru berperilaku yang disegani |
|
7 |
Guru berpenampilan diri yang tenang |
|
8 |
Guru berperilaku yang adil dan objektif |
|
9 |
Guru memberikan tanggapan kepada siswa |
|
10 |
Guru menampilkan rasa percaya diri |
|
11 |
Guru berbicara dengan tegas |
|
12 |
Guru berpenampilan sigap |
|
13 |
Guru menampilkan ekspresi antusias |
|
14 |
Guru tulus ikhlas memberikan bantuan pada
siswa |
|
15 |
Guru berpenampilan bugar |
|
16 |
Guru berpenampilan yang ramah |
|
17 |
Guru suka menolong kepada siswa |
|
18 |
Guru berempati kepada siswa |
|
19 |
Guru menyiapkan peserta didik secara fisik
dan mental serta memotivasi siswa |
|
20 |
Guru menyampaikan apersepsi |
|
21 |
Guru menyampaikan tujuan dan indikator sesuai dengan KD |
|
22 |
Guru menguasai konsep materi |
|
23 |
Guru membelajarkan materi secara urut, lengkap,
dan logis |
|
24 |
Guru menanamkan karakter, pesan moral, sikap positif terkait materi |
|
25 |
Guru menerapkan pendekatan/model/metode
yang mengintegrasikan TPACK |
|
26 |
Guru menerapkan pembelajaran aktif |
|
27 |
Guru menerapkan pembelajaran berbasis saintifik |
|
28 |
Guru menerapkan pendekatan konstruktivistik |
|
29 |
Guru menerapkan proses pembelajaran
berbasis HOTs (Aspek HOTs: C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C5
(mencipta)) |
|
30 |
Guru memanfaatkan
media pembelajaran |
|
31 |
Guru memanfaatkan media pembelajaran
berbasis TIK |
|
32 |
Guru membuat dan menggunakan forum
diskusi/kuis/ice-breaking melalui platform online |
|
33 |
Guru menggunakan sumber belajar yang bervariasi |
|
34 |
Guru melaksanakan pemantauan kemajuan
belajar siswa selama proses pembelajaran |
|
35 |
Guru menyimpulkan materi pelajaran |
|
36 |
Guru melaksanakan penilaian otentik
berbasis HOTs |
|
37 |
Guru melakukan
refleksi dan tindak lanjut |
|
Komentar secara umum pelaksanaan peerteaching oleh peserta:
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………