-->
Contoh Lembar Penilaian Microteaching

Contoh Lembar Penilaian Microteaching

 

Microteching

 

LEMBAR PENILAIAN MICROTEACHING

 

Nama Calon Pegawai :

No Peserta                   :

Bidang Studi               :

Materi                          :

 

Berikanlah nilai (0,1,2) pada kolom yang sudah disediakan

NO

Uraian Kegiatan

Hasil Pengamatan

0

1

2

1

Kesesuaian tujuan dengan kompetensi dasar (KD) dan Indikator yang akan dicapai.

 

 

 

2

Rumusan tujuan meliputi komponen ABCD (Audience, Behaviour, Condition, Degree), menggunakan kata kerja operasional yang tepat.

 

 

 

3

Rumusan tujuan mengimplementasikan HOTS (Higher Order Thinking Skills).

 

 

 

4

Merancang materi pembelajaran sesuai dengan KD dan indikator berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge).

 

 

 

5

Menyusun materi pembelajaran secara komprehensif.

 

 

 

6

Merancang materi pembelajaran secara kohesif dan berurutan secara logis.

 

 

 

7

Merancang materi pembelajaran yang relevan dengan kondisi dan kehidupan nyata serta berorientasi abad 21.

 

 

 

8

Merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sesuai dengan indikator dan materi pembelajaran.

 

 

 

9

Menentukan model pembelajaran dan merancang strategi yang mengadaptasi pendekatan TPACK.

 

 

 

10

Merancang strategi pembelajaran berbasis kecakapan abad 21.

 

 

 

11

Kecakapan abad 21: berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

 

 

 

12

Merancang skenario pembelajaran inovatif dengan menggunakan pendekatan, model, metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

13

Merancang skenario pembelajaran kreatif yang bermakna dan menyenangkan.

 

 

 

14

Memanfaatkan TIK dengan multi moda untuk merancang media pembelajaran.

 

 

 

15

Memanfaatkan media konkret/benda nyata dalam pembelajaran.

 

 

 

16

Merancang pemanfaatan media pembelajaran untuk melatih sikap dan keterampilan.

 

 

 

17

Memanfaatkan peristiwa atau permasalahan kehidupan nyata yang menarik sebagai sumber belajar

 

 

 

19

Memanfaatkan sumber belajar melalui internet/sumber online

 

 

 

20

Merancang evaluasi yang sesuai dengan indikator pembelajaran, yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

 

 

21

Merancang evaluasi autentik.

 

 

 

22

Menyusun instrumen evaluasi HOTS

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN KINERJA GURU

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Mahasiswa        :

Kelas/Semester            :

Tema/Subtema            :

Pembelajaran ke          :

 

Berikanlah tanda centang (Ö)jika praktikan melakukan/melaksanakan atau menampilkan perilaku yang diinginkan sesuai lembar observasi ini!

NO

Uraian Kegiatan

Hasil Pengamatan

1

Guru menampilkan wajah yang ceria

 

2

Guru memberikan perhatian pada siswa

 

3

Guru menampilkan keserasian berbusana

 

4

Guru menginspirasi dan memotivasi peserta didik

 

5

Guru bertutur kata yang santun dan artikulatif

 

6

Guru berperilaku yang disegani

 

7

Guru berpenampilan diri yang tenang

 

8

Guru berperilaku yang adil dan objektif

 

9

Guru memberikan tanggapan kepada siswa

 

10

Guru menampilkan rasa percaya diri

 

11

Guru berbicara dengan tegas

 

12

Guru berpenampilan sigap

 

13

Guru menampilkan ekspresi antusias

 

14

Guru tulus ikhlas memberikan bantuan pada siswa

 

15

Guru berpenampilan bugar

 

16

Guru berpenampilan yang ramah

 

17

Guru suka menolong kepada siswa

 

18

Guru berempati kepada siswa

 

19

Guru menyiapkan peserta didik secara fisik dan mental serta memotivasi siswa

 

20

Guru menyampaikan apersepsi

 

21

Guru menyampaikan tujuan dan indikator sesuai dengan KD

 

22

Guru menguasai konsep materi

 

23

Guru membelajarkan materi secara urut, lengkap, dan logis

 

24

Guru menanamkan karakter, pesan moral, sikap positif terkait materi

 

25

Guru menerapkan pendekatan/model/metode yang mengintegrasikan TPACK

 

26

Guru menerapkan pembelajaran aktif

 

27

Guru menerapkan pembelajaran berbasis saintifik

 

28

Guru menerapkan pendekatan konstruktivistik

 

29

Guru menerapkan proses pembelajaran berbasis HOTs (Aspek HOTs: C4 (menganalisis), C5  (mengevaluasi), C5 (mencipta))

 

30

Guru memanfaatkan media pembelajaran

 

31

Guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK

 

32

Guru membuat dan menggunakan forum diskusi/kuis/ice-breaking melalui platform online

 

33

Guru menggunakan sumber belajar yang bervariasi

 

34

Guru melaksanakan pemantauan kemajuan belajar siswa selama proses pembelajaran

 

35

Guru menyimpulkan materi pelajaran

 

36

Guru melaksanakan penilaian otentik berbasis HOTs

 

37

Guru melakukan refleksi dan tindak lanjut

 

 

 

Komentar secara umum pelaksanaan peerteaching oleh peserta:

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel