CONTOH FORM REVIU PERANGKAT PEMBELAJARAN OLEH TEMAN SEJAWAT
FORM REVIU PERANGKAT
PEMBELAJARAN OLEH TEMAN SEJAWAT
Mata Pelajaran/Materi : Pengertian Ruang Dan Interaksi Ruang
Kelas/Semester : VII/Ganjil
No |
Aspek |
Jenis Perangkat |
Respon |
Catatan |
1. |
Kejelasan tujuan pembelajaran dan IPK |
RPP |
Kurang jelas |
Di bagian tujuan pembelajaran
juga memuat indicator pencapaian yang berbeda dengan pencapaian kompetensi |
2. |
Kesesuaian materi ajar (bahan ajar) dengan tujuan
pembelajaran |
Bhn ajar-RPP |
Sesuai |
Materi ajar dengan tujuan
pembelajaran sudah sesuai |
3. |
Kesesuaian media yang digunakan dalam pembelajaran |
Media |
Tidak sesuai |
Model pembelajaran
menggunakan problem based learning sementara gambar yang ditampilkan tidak
menggambarkan permasalahan dalam interaksi antar ruang |
4. |
Ada unsur dalam media pembelajaran yang mampu
memberikan kejelasan informasi yang menarik dan menyenangkan |
Media |
Ada |
Media yang digunakan
berupa video dan gambar sehingga menarik bagi peserta didik |
5. |
Ada materi pembelajaran yang masih miskonsepsi |
Bahan ajar |
Tidak ada |
Materi pelajaran sesuai
dengan indicator dan tujuan pemnelajaran |
6. |
Ada pokok-pokok materi ajar tertuang lengkap dalam
bahan ajar serta memuat unsur kekinian |
Bahan ajar |
Ada |
Bahan ajar sudah memuat
pokok-pokok materi ajar |
7. |
Kesesuaian pendekatan dan model pembelajaran
(pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang diterapkan) |
RPP |
Sesuai |
Pendekatan dan model
pembelajaran sesuai |
8. |
Memiliki unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan
critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan
decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based
activities |
RPP |
Lengkap |
Didalam RPP
unsur-unsurnya sudah lengkap |
9. |
Rencana pelaksanaan pembelajaran sudah berbasis HOTS |
RPP |
Sudah |
RPP sudah menggunakan
kata kerja operasional pada tahap C4 dan C5 |
10.
|
Memiliki kejelasan pembelajaran yang mendidik dengan
pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berbasis
platform revolusi industri 4.0 |
RPP |
Tidak |
Pada RPP belum terdapat
pendekatan TPACK |
11.
|
Ada evaluasi yang memuat
penilaian berbasis HOTS |
Evaluasi |
Tidak Ada |
Tidak ada terdapat
penilaian berbasis HOTS karena hanya terdapat satu variabel soal |
12.
|
Kejelasan prosedur
penilaian |
Evaluasi |
Jelas |
Prosedur penilaian sudah
jelas |
13.
K |
Kesesuaian teknik
penilaian dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) |
Evaluasi |
Tidak sesuai |
Belum terdapat teknik
penilaian sikap |
14.
|
LKPD sudah mampu mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran |
LKPD-RPP |
Belum |
Di dalam LKPD tidak
terdapat penilaian untuk keterampilan |
15.
|
Ada langkah-langkah kerja
dalam LKPD yang terukur |
LKPD |
Ada |
Langkah-langkah kerja
dalam LKPD sudah terukur |