
Program Remedial Dan Program Pengayaan
PROGRAM REMIDIAL DAN PROGRAM
PENGAYAAN
PROGRAM REMIDIAL
Sekolah : SMP Al
Madinah
Kelas /
Semester : VII
(Tujuh) / Ganjil
Mata Pelajaran :
IPS
Ulangan Harian ke : 1
Tanggal Ulangan Harian : ………………….
Bentuk Soal UH : Uraian
Materi UH (KD/Indikator) : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan,
dan dampaknya terhadap kehidupan.
1.
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
2.
Mendeskripsikan
proses alam endogen yang menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi.
3.
Mendeskripsikan
gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
4.
Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
5.
Mendeskripsikan
proses pelapukan
6.
Mendeskripsikan
proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
7.
Memberikan
contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
8.
Mengidentifikasi
dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangannya.
Rencana Ulangan
Remidial : ………………………
KKM : 78
KKM : 78
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang tidak dikuasai
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran
Remidial
|
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes
Remidial
|
Nilai Tes Rem
|
Ket.
|
( 1 )
|
( 2 )
|
( 3 )
|
( 4 )
|
( 5 )
|
( 6 )
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
Diberikan
Tugas khusus
|
||||||
2.
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
||||||
3.
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Kelompok
|
||||||
4.
|
Tugas Rumah
|
||||||
5.
|
|||||||
Solok, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
Agung Ivano Putra, S. Pd
Keterangan :
· Pada kolom ( 6 ),
masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran
berbeda-beda
Misalnya : Indikator 2 menjadi 2 soal
yaitu nomor 1, 2
Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
· Pada kolom ( 7
), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tercapai atau tidak
tercapainya dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan
diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa siswa yang remidial
memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran
Remedial
1. Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian bimbingan
secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami
kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian
tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya
penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan
strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan
gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c.
Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a. Program
remedial diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tercapai.
b. Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti tes/ulangan KD
tertentu atau sejumlah KD dalam satu kesatuan
Teknik pelaksanaan
penugasan/pembelajaran remedial:
v Penugasan
individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang
mengikuti remedial maksimal 20%.
v Penugasan kelompok diakhiri dengan tes
individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi
lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes
individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih
dari
50
%.
PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah : SMP Al
Madinah
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Mata Pelajaran :
IPS
KKM :
78
Bentuk Soal UH : Uraian
Materi UH (KD/Indikator) : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses
pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
1.
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
2.
Mendeskripsikan
proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk
muka bumi.
3.
Mendeskripsikan
gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
4.
Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
5.
Mendeskripsikan
proses pelapukan
6.
Mendeskripsikan
proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
7.
Memberikan
contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
8.
Mengidentifikasi
dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangannya.
No.
|
Nama
Siswa
|
Nilai
Ulangan
|
Bentuk
Pengayaan
|
1.
|
1. 1.
Memberikan soal-soal yang berkaitan dengan
bentuk muka bumi
2. 2.
Memanfaatkan siswa yang tidak diremidial untuk menjadi Tutor
Sebaya
|
||
2.
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
Solok, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
Agung Ivano Putra, S. Pd
Pelaksanaan
Program Pengayaan
1. Cara yang dapat ditempuh:
a.
Pemberian
bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD
tertentu
b.
Pemberian tugas
untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan, dll.
c.
Memberikan soal-soal latihan
tambahan yang bersifat pengayaan
d.
Membantu guru dalam membimbing
teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2. Materi dan waktu
pelaksanaan program pengayaan
a.
Materi Program pengayaan diberikan
sesuai dengan KD-KD atau indikator yang dipelajari , bisa berupa
penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.
Waktu pelaksanaan program pengayaan
adalah:
· Setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau kesatuan
KD tertentu, dan atau
· Pada saat pembelajaran dimana siswa
yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan
program pengayaan
Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran, kegiatan
pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar
kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi
cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih)
dari peserta didik yang normal.