-->
Rekap Tugas Mandiri

Rekap Tugas Mandiri


Rekap tugas

REKAP TUGAS MANDIRI, PENUGASAN TERSTRUKTUR, KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
Sekolah                                   : SMP Al Madinah
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas                           : VIII
Tahun Pelajaran           : 2017/2018
A. TUGAS MANDIRI
1.1      Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
a         Siswa mengamati peta tentang letak geografis dan letak astronomis Indonesia.
b        Tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan iklim di Indonesia.
c         Guru Menjelasakan kaitan letak geografis dengan waktu dan perubahan musim di Indonesia.
d        Guru menjelaskan persebaran flora dan fauna Indonesia.
e         Diskusi tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia
1.2      Mengidentifikasi  permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya Mencermati dua segitiga sebangun
a         Diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk
b        Diskusi tentang angka kelahiran dan kematian, serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.
c         Diskusi tentang dampak dan upaya penanggulang an ledakan penduduk.
d        Mengamati peta dan  tabel kepadatan penduduk Indonesia.
e         Membuat macam-macam bentuk piramida penduduk
f         Diskusi tentang jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulan
1.3      Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
a         Tanya jawab tentang lingkungan hidup dan unsur-unsurnya.
b        Tanya jawab tentang arti penting lingkungan bagi kehidupan
c         Diskusi tentang kerusakan lingkungan hidup dan faktor-faktor penyebabnya
d        Diskusi tentang usaha pelestarian lingkungan hidup
e         Membaca buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berkelanjutan
f         Membaca buku sumber tentang ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
g        Mengamati usaha pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitarnya.
1.4      Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun
a         Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas).
b        Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
2.1.   Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
a         Membaca referensi tentang contoh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial
b        Menelaah pengaruh   yang ditimbulkan oleh kebijakan- kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah dengan diskusi kelompok
c         Menelaah bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah dengan membaca referensi dan mengamati gambar
d        Membaca dan membuat peta daerah-daerah persebaran agama Kristiani
2.2.   Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
a         Membaca buku referensi tentang perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
b        Menelaah peranan  golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam mengembangkan wilayah dan lingkungannya kemudian membandingkan dengan peranan golongan terpelajar ,profesionaldan pers pada masa pergerakan nasional
c         Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
d        Menelaah peran manifesto politik 1928,dan Kongres Pemuda 1928,dan Kongres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia dengan membaca buku referensi dan mengamati gambar
3.1.   Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a         Membaca kasus penyimpangan sosial di masyarakat dari media cetak.
b        Mencari contoh bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2.   Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a         Diskusi tentang akibat dari penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
b        Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan social
c         Diskusi tentang upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyaraka
4.1.   Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
a         Mendiskusikan arti kelangkaan danfactor-faktor  penyebab terjadinya kelangkaan serta cara  mengatasinya
b        Mediskusikan cara memanfaat- kan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan
c         Mendiskusikan  tentang  pengertian,  macam-macam kebutuhan          manusia
d        Mendiskusikan faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
e         Tanya jawab tentang penenuan skala  prioritas dari berbagai kebutuhan manusia beraneka ragam
f         Mendiskusikan  tentang  penger tian dan macam- macam alat pemenuhan  kebutuhan
4.2.   Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
a         Membaca referensi dan   mendis-kusikan Pelaku Ekonomi
b        Mendiskusikan peranan dan tujuan Tiga sektor usaha forma
c         Mendiskusikan cara mendirikan dan mengelola BUMS
d        Membaca literatur dan mendiskusikan tentang pokok-pokok perkoperasian Indonesia
e         Mendiskusikan  tentang cara-cara mendirikan koperasi
f         Simulasi tatacara berdirinya koperasi
4.3.   Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi  masyarakat
a         Membaca literatur, dan mendiskusi kan tentang  pengertian pasar, fungsi pasar, dan peranan pasar
b        Mengidentifikasi tentang  syarat -syarat  terjadinya pasar.
c         Mendiskusikan macam-macam pasar, dan contoh pasar
d        Membedakan pasar kongkrit dan pasar abstrak
e         Melakukan demonstrasi /simulasi dan observasi tentang jualbeli / tawar menawar di pasar
5.1.   Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a         Membaca referensi untuk membahas alasan Jepang membentuk BPUPKI
b        Menelaah dengan buku sumber proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan
c         Mengkaji dengan referensi tentang peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
5.2.   Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a         Menggali informasi tentang perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan referensi dan sumber lain yang relefan
b        Membuat naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menampilkannya.
c         Menggali informasi dengan referensi dan sumber yang relevan tentang penyebaran berita proklamasi kemerdekaan.
d        Menelaah proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia dengansidang-sidang PPKI;tanggal 18 ,19 dan 22 Agustus 1945.
e         Membaca buku referensi dan mengamati gambar  dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah.
6.1.   Mendes-kripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
a         Diskusi tentang bentuk-bentuk hubungan sosial.
b        Tanya jawab tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
c         Diskusi tentang dampak-dampak hubungan sosial.
6.2.   Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
a            Tanya jawab tentang pengertian pranata social
b           Diskusi tentang ciri-ciri pranata sosial
c            Diskusi tetang fungsi pranata sosial.
d           Membaca buku sumber tentang jenis-jenis pranata sosial.
6.3.   Mendes-kripsikan upaya pengenda-lian penyimpangan sosial.
a            Menelaah buku tentang jenis-jenis penyimpangan social
b           Menyimpulkan jenis-jenis pengendalian social
c            Menelaah peran lembaga-lembaga pengendalian sosia
7.1.   Mendes-kripsikan permasalah-an angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggula-ngannya.
a            Tanya jawab bervariasi tentang pengrtian tenaga kerja dan kesempatan kerja
b           Mendiskusikan hubungan antara jumlah  penduduk dengan angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran.
c            Tanya jawab tentang  permasalahan    dasar yang    berhubungan dengan tenaga   kerja di Indonesia.
d           Mendiskusikan dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan.
e            Mendiskusikan cara meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia.
f            Tanya jawab tentang peranan     pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja.
7.2.   Mendes-kripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekono-mian Indonesia.
a            Mendiskusikan  pengertian sistem  perekonomian.
b           Tanya jawab tentang macam-macam sistem  perekonomian, kebaikan  dan kelemahannya setelah membaca literatur tertentu. Membaca buku yg relefan dan menduiskusikan tentang  ciri-ciri sistem   perekonomian  Indonesia.
c            Tanya jawab tentang kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia
7.3.   Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
a            Merumuskan pengertian pajak dan retribusi.
b           Mendiskusikan sifat dan   penetapan tarif pajak.
c            Mendiskusikan jenis dan  unsur-unsur pajak
d           Mendiskusikan  fungsi dan peranan pajak  dalam kehidupan suatu  negara.
e            Mendiskusikan unsur-unsur pajak
f            Mendiskusikan fungsi dan peranan pajak dalam kehidupan suatu Negara
g           Mengidentifi- kasi jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga.
h           Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya.
7.4.   Mendes-kripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuk-nya harga pasar
a         Merumuskan pengertian permintaan dan mendiskusikan  faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
b        Mendiskusikan hukum  permintaan
c         Membuat kurva permintaan
d        Mendiskusikan   tentang  ceteris paribus
e         Mendiskusikan Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
f         Mendiskusikan hubungan antara penawaran dan harga barang.
g        Membuat kurva  penawaran.
h        Merumuskan pengertian  harga.
i          Mendiskusikan macam-macam harga dan penetapan harga oleh pemerintah.
j          Membuat kurva harga keseimbangan.
B. TUGAS TERSTRUKTUR
1.1      Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
a         Memberi tugas kepada siswa untuk  mencari penyebab  terjadinya perubahan iklim di indonesia
1.2      Mengidentifikasi  permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
a         Memberi tugas kepada siswa untuk menghitung angka kelahiran dan angka kematian

1.3      Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
a         Memberi tugas kepada  anak untuk menemukan ciri-ciri pembangunanBerkelanjutan dan penerapannya

1.4      Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun
c         Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas).
d        Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.

2.1.   Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
a         Memberi tugas kepada siswa untuk mencari faktor –faktor pendorong penjajahan samudra bangsa eropa.

2.2.   Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
a         Mencari reverensi di perpustakaan tentang peranan pemuda dan pelajar di masa pergerakan nasional

3.1.   Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a         Mengamati bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyaraka

3.2.   Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a         Memberi tugas pada anak secara kelompok untuk membuat faktor-faktor dan upaya pencegahan penyimpangan social

4.1.   Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
a         Memberikan tugas pada siswa untuk menentukan dan menyusun skala prioritas dan alat pemenuhannya

4.2.   Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara

4.3.   Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi  masyarakat
a         Memberikan tugas kepada siswa untuk mengelompokkan pasar yang ada d tempat tinggal

5.1.   Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia

5.2.   Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a         Menuliskan usulan –usulan dari M.Yamin,Mr Soepomo dan Ir Soekarno tentang dasar Negara
b        Menuliskan 4 cara cara yang dilakukan dalam penyebarab berita proklamasi

6.1.   Mendes-kripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
a         Membuat contoh-contoh hubungan sosial dalam keluarga,masyarakat, Dan sekolah
6.2.   Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

6.3.   Mendes-kripsikan upaya pengenda-lian penyimpangan sosial.
a         Menjelaskan jenis-jenis pengendalian social

7.1.   Mendes-kripsikan permasalah-an angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggula-ngannya.
a         Menjelaskan 6 jenis-jenis pengangguran berdasarkan penyebabnya

7.2.   Mendes-kripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekono-mian Indonesia.
a         Menjelaskan 5 pelaku ekonomi di Indonesia

7.3.   Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
a         Menjelaskan jenis-jenis pengendalian social

7.4.   Mendes-kripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuk-nya harga pasar

C. KEGIATAN  MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
1.1      Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
a         Memberi tugas kepada siswa untuk mencari di internettentang  persebarab tanah dan pemanfaatannya di Indonesia

1.2      Mengidentifikasi  permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
a         Memberi tugas kepada siswa menghitung  kepadatan penduduk di daerahnya

1.3      Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
a         Memberikan tugas kepada siswa untuk mndeskripsikan kondisi lingkungan ditempat tinggalnya

1.4      Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun
a         Memberi tugas kepada siswa mencari kliping tentang usaha pemerintah dalam mengatasi dampak dari permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk

2.1.   Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
a         Memberi tugas kepada untuk  mencari proses pembentukan identitas kebangsaan indonesia.

2.2.   Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
a         Memberikan tugas kepada siswa mencari di internet bigrafi dr.Sutomo dan menulis perjuang dr. Sutomo melawan penjajah
3.1.   Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a         Memberi tugas kepada siswa untuk melakukan pengamatan terhadap prilaku anggota masyarakat serta dampaknya terhadap pelaku dan kehidupan masyarakat

3.2.   Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

4.1.   Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
a         Memberikan tugas kepada siswa untuk mencatat tentang kebutuhan mereka setiap bulannya

4.2.   Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
a         Menberikan tugas kepasa siswa mengamati lingkungan dan membuat contoh – contoh pelaku ekonomi.

4.3.   Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi  masyarakat
a         Memberikan tugas kepada siswa untuk membuat fungsi pasar di daerah tempat tinggal

5.1.   Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia

5.2.   Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a         Mecari photo tentang tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan

6.1.   Mendes-kripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
a         Membuat kliping tentang penyimpangan sosialytang terjadi dalam masyrakat

6.2.   Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

6.3.   Mendes-kripsikan upaya pengenda-lian penyimpangan sosial.

7.1.   Mendes-kripsikan permasalah-an angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggula-ngannya.
a         Mencari dalam bentuk gambar tentang jenis-jenis lapangan kerja yang ada di Indonesia

7.2.   Mendes-kripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekono-mian Indonesia.

7.3.   Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.

7.4.   Mendes-kripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuk-nya harga pasar

Mengetahui,
Kepala SMP Al Madinah,


Adri Warman, S. Pd.

Solok, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran IPS


Agung Ivano Putra, S. Pd.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel