Rekap Tugas Mandiri
REKAP TUGAS
MANDIRI, PENUGASAN TERSTRUKTUR, KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
Sekolah : SMP Al
Madinah
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas :
VIII
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
A. TUGAS MANDIRI
1.1
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
a
Siswa mengamati peta tentang letak geografis dan
letak astronomis Indonesia.
b
Tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan
iklim di Indonesia.
c
Guru Menjelasakan kaitan letak geografis dengan
waktu dan perubahan musim di Indonesia.
d
Guru menjelaskan persebaran flora dan fauna
Indonesia.
e
Diskusi tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah
di Indonesia
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya Mencermati dua segitiga sebangun
a
Diskusi tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk
b
Diskusi tentang angka kelahiran dan kematian,
serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.
c
Diskusi tentang dampak dan upaya penanggulang an
ledakan penduduk.
d
Mengamati peta dan tabel
kepadatan penduduk Indonesia.
e
Membuat macam-macam bentuk piramida penduduk
f
Diskusi tentang jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak
positif dan negatif serta upaya penanggulan
1.3
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan
upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
a
Tanya jawab tentang lingkungan hidup
dan unsur-unsurnya.
b
Tanya jawab tentang arti penting
lingkungan bagi kehidupan
c
Diskusi tentang kerusakan lingkungan hidup dan faktor-faktor penyebabnya
d
Diskusi tentang usaha pelestarian
lingkungan hidup
e
Membaca buku sumber tentang
hakekat pembangunan yang berkelanjutan
f
Membaca buku sumber tentang ciri-ciri pembangunan
berkelanjutan.
g
Mengamati usaha pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitarnya.
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun
a
Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas
dan kualitas).
b
Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan
penduduk terhadap pembangunan.
2.1. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme
Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
a
Membaca referensi tentang contoh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial
b
Menelaah pengaruh
yang ditimbulkan oleh kebijakan- kebijakan pemerintah kolonial di
berbagai daerah dengan diskusi kelompok
c
Menelaah bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam
menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah dengan membaca referensi dan
mengamati gambar
d
Membaca dan membuat peta daerah-daerah persebaran agama Kristiani
2.2.
Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na
sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
a
Membaca buku referensi tentang
perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap
munculnya nasionalisme Indonesia
b
Menelaah peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers
dalam mengembangkan wilayah dan lingkungannya kemudian membandingkan dengan
peranan golongan terpelajar ,profesionaldan pers pada masa pergerakan nasional
c
Membaca buku referensi tentang
perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan
sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
d
Menelaah peran manifesto politik
1928,dan Kongres Pemuda 1928,dan Kongres Perempuan Pertama dalam proses
pembentukan identitas kebangsaan Indonesia dengan membaca buku referensi dan
mengamati gambar
3.1. Mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya)
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a
Membaca kasus penyimpangan sosial
di masyarakat dari media cetak.
b
Mencari contoh
bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2. Mengidentifikasi
berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a
Diskusi tentang
akibat dari penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
b
Mengkaji faktor-faktor
penyebab terjadinya penyimpangan social
c
Diskusi tentang upaya-upaya
pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyaraka
4.1.
Mendeskripsikan hubungan
antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
a
Mendiskusikan arti kelangkaan
danfactor-faktor penyebab terjadinya
kelangkaan serta cara mengatasinya
b
Mediskusikan cara memanfaat- kan
sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan
c
Mendiskusikan tentang
pengertian, macam-macam
kebutuhan manusia
d
Mendiskusikan faktor-faktor
penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
e
Tanya jawab tentang penenuan
skala prioritas dari berbagai kebutuhan
manusia beraneka ragam
f
Mendiskusikan tentang
penger tian dan macam- macam alat pemenuhan kebutuhan
4.2.
Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga,
masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
a
Membaca referensi dan mendis-kusikan Pelaku Ekonomi
b
Mendiskusikan peranan dan tujuan
Tiga sektor usaha forma
c
Mendiskusikan cara mendirikan dan
mengelola BUMS
d
Membaca literatur dan
mendiskusikan tentang pokok-pokok perkoperasian Indonesia
e
Mendiskusikan tentang cara-cara mendirikan koperasi
f
Simulasi tatacara berdirinya
koperasi
4.3. Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
a
Membaca literatur, dan mendiskusi
kan tentang pengertian pasar, fungsi
pasar, dan peranan pasar
b
Mengidentifikasi tentang syarat -syarat terjadinya pasar.
c
Mendiskusikan macam-macam pasar,
dan contoh pasar
d
Membedakan pasar kongkrit dan
pasar abstrak
e
Melakukan demonstrasi /simulasi
dan observasi tentang jualbeli / tawar menawar di pasar
5.1. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan
proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a
Membaca referensi untuk membahas
alasan Jepang membentuk BPUPKI
b
Menelaah dengan buku sumber proses
penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan
c
Mengkaji dengan referensi tentang
peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
5.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan
proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a
Menggali informasi tentang
perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
dengan referensi dan sumber lain yang relefan
b
Membuat naskah sosiodrama
kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menampilkannya.
c
Menggali informasi dengan referensi
dan sumber yang relevan tentang penyebaran berita proklamasi kemerdekaan.
d
Menelaah proses terbentuknya
negara dan pemerintahan Republik Indonesia dengansidang-sidang PPKI;tanggal 18
,19 dan 22 Agustus 1945.
e
Membaca buku referensi dan
mengamati gambar dukungan spontan dan
tindakan heroik dari berbagai daerah.
6.1. Mendes-kripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
a
Diskusi tentang bentuk-bentuk
hubungan sosial.
b
Tanya jawab tentang faktor-faktor
pendorong terjadinya hubungan sosial.
c
Diskusi tentang dampak-dampak
hubungan sosial.
6.2. Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
a
Tanya jawab tentang pengertian
pranata social
b
Diskusi tentang ciri-ciri pranata
sosial
c
Diskusi tetang fungsi pranata
sosial.
d
Membaca buku sumber tentang
jenis-jenis pranata sosial.
6.3. Mendes-kripsikan upaya pengenda-lian penyimpangan sosial.
a
Menelaah buku tentang jenis-jenis
penyimpangan social
b
Menyimpulkan jenis-jenis
pengendalian social
c
Menelaah peran lembaga-lembaga
pengendalian sosia
7.1.
Mendes-kripsikan permasalah-an
angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi,
serta peranan pemerintah dalam upaya penanggula-ngannya.
a
Tanya jawab bervariasi tentang
pengrtian tenaga kerja dan kesempatan kerja
b
Mendiskusikan hubungan antara
jumlah penduduk dengan angkatan kerja,
kesempatan kerja dan pengangguran.
c
Tanya jawab tentang permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia.
d
Mendiskusikan dampak pengangguran
terhadap keamanan lingkungan.
e
Mendiskusikan cara meningkatkan
mutu tenaga kerja Indonesia.
f
Tanya jawab tentang peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga
kerja.
7.2.
Mendes-kripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekono-mian Indonesia.
a
Mendiskusikan pengertian sistem perekonomian.
b
Tanya jawab tentang macam-macam sistem perekonomian, kebaikan dan kelemahannya setelah membaca literatur
tertentu. Membaca buku yg relefan dan menduiskusikan tentang ciri-ciri sistem perekonomian
Indonesia.
c
Tanya jawab tentang kebaikan dan
kelemahan sistem perekonomian Indonesia
7.3.
Mendes-kripsikan fungsi pajak
dalam perekonomian nasional.
a
Merumuskan pengertian pajak dan
retribusi.
b
Mendiskusikan sifat dan penetapan tarif pajak.
c
Mendiskusikan jenis dan unsur-unsur pajak
d
Mendiskusikan fungsi dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara.
e
Mendiskusikan unsur-unsur pajak
f
Mendiskusikan fungsi dan peranan
pajak dalam kehidupan suatu Negara
g
Mengidentifi- kasi jenis-jenis
pajak yang ditanggung keluarga.
h
Mengidentifikasi sanksi-sanksi
terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya.
7.4.
Mendes-kripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuk-nya harga pasar
a
Merumuskan pengertian permintaan
dan mendiskusikan faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan
b
Mendiskusikan hukum permintaan
c
Membuat kurva permintaan
d
Mendiskusikan tentang
ceteris paribus
e
Mendiskusikan Pengertian penawaran
dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
f
Mendiskusikan hubungan antara
penawaran dan harga barang.
g
Membuat kurva penawaran.
h
Merumuskan pengertian harga.
i
Mendiskusikan macam-macam harga
dan penetapan harga oleh pemerintah.
j
Membuat kurva harga keseimbangan.
B. TUGAS TERSTRUKTUR
1.1
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
a
Memberi tugas kepada siswa
untuk mencari penyebab terjadinya perubahan iklim di indonesia
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
a
Memberi tugas kepada siswa untuk
menghitung angka kelahiran dan angka kematian
1.3
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan
upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
a
Memberi tugas kepada anak untuk menemukan ciri-ciri
pembangunanBerkelanjutan dan penerapannya
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun
c
Diskusi tentang permasalahan penduduk (kuantitas
dan kualitas).
d
Mencari berita/artikel tentang dampak permasalahan
penduduk terhadap pembangunan.
2.1. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme
Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
a
Memberi tugas kepada siswa untuk
mencari faktor –faktor pendorong penjajahan samudra bangsa eropa.
2.2.
Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na
sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
a
Mencari reverensi di perpustakaan
tentang peranan pemuda dan pelajar di masa pergerakan nasional
3.1. Mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya)
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a
Mengamati bentuk-bentuk
penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyaraka
3.2. Mengidentifikasi
berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a
Memberi tugas pada anak secara
kelompok untuk membuat faktor-faktor dan upaya pencegahan penyimpangan social
4.1.
Mendeskripsikan hubungan
antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
a
Memberikan tugas pada siswa untuk
menentukan dan menyusun skala prioritas dan alat pemenuhannya
4.2.
Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga,
masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
4.3. Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
a
Memberikan tugas kepada siswa
untuk mengelompokkan pasar yang ada d tempat tinggal
5.1. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan
proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
5.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan
proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a
Menuliskan usulan –usulan dari
M.Yamin,Mr Soepomo dan Ir Soekarno tentang dasar Negara
b
Menuliskan 4 cara cara yang
dilakukan dalam penyebarab berita proklamasi
6.1. Mendes-kripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
a
Membuat contoh-contoh hubungan
sosial dalam keluarga,masyarakat, Dan sekolah
6.2.
Mendeskripsikan pranata sosial
dalam kehidupan masyarakat
6.3. Mendes-kripsikan upaya pengenda-lian penyimpangan sosial.
a
Menjelaskan jenis-jenis
pengendalian social
7.1.
Mendes-kripsikan permasalah-an
angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi,
serta peranan pemerintah dalam upaya penanggula-ngannya.
a
Menjelaskan 6 jenis-jenis
pengangguran berdasarkan penyebabnya
7.2.
Mendes-kripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekono-mian Indonesia.
a
Menjelaskan 5 pelaku ekonomi di
Indonesia
7.3.
Mendes-kripsikan fungsi pajak
dalam perekonomian nasional.
a
Menjelaskan jenis-jenis
pengendalian social
7.4.
Mendes-kripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuk-nya harga pasar
C.
KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
1.1
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
a
Memberi tugas
kepada siswa untuk mencari di internettentang
persebarab tanah dan pemanfaatannya di Indonesia
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
a
Memberi tugas kepada siswa
menghitung kepadatan penduduk di
daerahnya
1.3
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan
upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
a
Memberikan tugas kepada siswa
untuk mndeskripsikan kondisi lingkungan ditempat tinggalnya
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun
a
Memberi tugas kepada siswa
mencari kliping tentang usaha pemerintah dalam mengatasi dampak dari
permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk
2.1. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme
Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
a
Memberi tugas kepada untuk mencari proses pembentukan identitas
kebangsaan indonesia.
2.2.
Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na
sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
a
Memberikan tugas kepada siswa
mencari di internet bigrafi dr.Sutomo dan menulis perjuang dr. Sutomo melawan
penjajah
3.1. Mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya)
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
a
Memberi tugas kepada siswa
untuk melakukan pengamatan terhadap prilaku anggota masyarakat serta dampaknya
terhadap pelaku dan kehidupan masyarakat
3.2. Mengidentifikasi
berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
4.1.
Mendeskripsikan hubungan
antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
a
Memberikan tugas kepada
siswa untuk mencatat tentang kebutuhan mereka setiap bulannya
4.2.
Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga,
masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
a
Menberikan tugas kepasa siswa
mengamati lingkungan dan membuat contoh – contoh pelaku ekonomi.
4.3. Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
a
Memberikan tugas kepada siswa
untuk membuat fungsi pasar di daerah tempat tinggal
5.1. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan
proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
5.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan
proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
a
Mecari photo tentang tokoh-tokoh
proklamasi kemerdekaan
6.1. Mendes-kripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
a
Membuat kliping tentang
penyimpangan sosialytang terjadi dalam masyrakat
6.2.
Mendeskripsikan pranata sosial
dalam kehidupan masyarakat
6.3. Mendes-kripsikan upaya pengenda-lian penyimpangan sosial.
7.1.
Mendes-kripsikan permasalah-an
angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi,
serta peranan pemerintah dalam upaya penanggula-ngannya.
a
Mencari dalam bentuk gambar
tentang jenis-jenis lapangan kerja yang ada di Indonesia
7.2.
Mendes-kripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekono-mian Indonesia.
7.3.
Mendes-kripsikan fungsi pajak
dalam perekonomian nasional.
7.4.
Mendes-kripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuk-nya harga pasar
|
Mengetahui,
Kepala SMP Al Madinah,
Adri Warman, S. Pd.
|
Solok, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran IPS
Agung Ivano Putra, S. Pd.
|