
Silabus Aqidah Akhlak K 13 MTSn/SMP IT
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Al-Madinah
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester :
IX/1
Tahun
Pelajaran :2018/2019
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. `Mencoba,mengolah,danmenyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR ESENSI
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1.
Meyakini akan adanya hari akhir
1.2.
Meyakini
macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah,
yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
1.3.
Menghayati
nilai berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif dalam fenomena kehidupan
1.4.
Menghayati adab
islami kepada kepada tetangga
1.5.
Menghayati kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
|
Observasi :
dengan cara
merumuskan pernyataan-pernyatan tentang sikap peserta didik yang akan dinilai
oleh guru, bisa berupa daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik
Penilaian diri:
Guru menyiapkan
pernyataan-pernyataan untuk dijawab peserta didik sendiri dengan cara memilih
opsi yang tersedia
Penilaian antar
teman :
Guru menyiapkan
pernyataan-pernyataan dan diberikan kepada peserta didik untuk menilai sikap
temannya dengan cara memilih opsi yang tersedia
Jurnal:
rekam jejak pesrta
didik dalam kegiatan sehari-hari (penilaian-penilaian sikap di atas,dipilih
salah satu untuk tiap materi pada KD-KD dalam KI 1 dan KI 2)
|
|
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemeni
|
|||
2.1.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
2.2.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap alam gaib yang berhubungan
dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul
mizan,yaumul jaza’)
2.3.
Membiasakan
perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan
sehari-hari
2.4.
Terbiasamenerapkan
adab islami kepada tetangga
2.5.
Meneladani sifat-sifat utama sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
|
||||||
3.1. Memahami pengertian beriman kepada
hari akhir, dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan
hari Akhir tersebut
3.2. Memahami macam-macam alam gaib yang
berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab,
yaumul mizan,yaumul jaza’)
|
3.1.1.Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
3.1.2.Menjelaskan dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan
dengan hari Akhir
3.2.1. Menjelaskan
tentang macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam
barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
|
·
Pengertian beriman kepada hari
akhir, dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari
Akhir tersebut
·
Macam-macam alam gaib yang
berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab,
yaumul mizan,yaumul jaza’)
|
Mengamati:
·
memperhatikan dan mengamati
gambar yang berkaitan dengan pengertian, dalil, tanda-tanda, alam ghaib yang
berhubungan dengan hari akhir
Menanya:
·
bertanya, dengan membuat
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan hari
akhir
·
Membaca atau membuka wawasan tentang hari akhir
Eksplorasi:
·
Menalar, dengan mencari
kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan hari akhir
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar informasi tentang hari
akhir
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan tentang
fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi hari
akhir.
|
Tes Tulis:
Pilihan ganda,
Isian, Jawaban singkat, menjodohkan dan benar-salah serta
tes uraian
obyektif dan non
obyektif
Test Lisan:
Tanya
jawab,kuis,atau wawancara
|
7x2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemeri
|
|
4.1. Menyajikan data dari berbagai sumber
tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan
dengan hari akhir
|
4.1.1.Menceritakan proses hari
akhir
|
Fakta dan fenomena
hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan hari akhir
|
Proyek
Portofolio
|
||||
3.3. Memahami pengertian, contoh, dan
dampak berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif dalam fenomena kehidupan
|
3.3.1. Menjelaskan
tentang pengertian, contoh, dan dampak
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
|
pengertian, contoh,
dan dampak berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
|
Mengamati:
·
memperhatikan dan mengamati
gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya, dengan membuat
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan pengertian,
contoh, dan dampak berilmu, kerja
keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
·
Membaca atau membuka wawasan tentang sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan
Eksplorasi:
·
Menalar, dengan mencari
kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar informasi tentang sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan tentang
fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif.
|
Test Tulis, dan
Test Lisan
|
3x2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
|
|
4.2. Menyajikan contoh perilaku berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif
|
4.2.1. Menceritakan
tentang pengertian, contoh, dan dampak
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
|
Perilaku berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif
|
Proyek
Portofolio
|
||||
4.3. Menyajikan kisah-kisah dari fenomena
kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif
|
4.3.1. Menceritakan
kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif
|
Kisah-kisah dari
fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif
|
|||||
3.4. Memahami adab islami kepada kepada
tetangga
|
3.4.1. Menjelaskan
tentang adab islami kepada kepada tetangga
|
Adab islami kepada
kepada tetangga
|
Mengamati:
·
Gejala prilaku adab islami
kepada kepada tetangga
Menanya;
·
Memberi tanggapan praktik perilaku dalam kehidupan
sehari-hari tentang adab islami kepada kepada tetangga
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab
islami kepada kepada tetangga
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar informasi dalam
mengelompokkan adab islami kepada kepada tetangga
Mengkomunikasikan:
·
Mensimulasikan contoh perilaku adab
islami kepada kepada tetangga serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
Test tulis
Tes lisan
|
3x2 jam
pelajaran
|
Buku Paket Akidah
AkKemla.
n
|
|
4.4. Mensimulasikan adab islami kepada
tetangga
|
4.4.1 Mensimulasikan
adab islami kepada tetangga
|
Praktik
|
|||||
3.5. Menganalisis kisah sahabat Umar bin
Khattab r.a.
|
3.5.1 Menjelaskan
tentang kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
Kisah sahabat Umar
bin Khattab r.a.
|
Mengamati:
·
Memperhatikan tayangan kisah
kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
Menanya:
·
Memberi umpan balik tentang
kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.tersebut
Eksplrosi:
·
Mendiskusikan keteladanan
sahabat Umar bin Khattab r.a.
·
Mengidentifikasi keteladanan
sahabat Umar bin Khattab r.a.
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan contoh-contoh
keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan contoh keteladanan
kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
Test tulis
Bentuk uraian
Penugasan
|
3x2 jam
pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag kelas IX.
Buku Akidah Ahlak
dari sumber penerbit Yang lain
|
|
4.5. Menceritakan kisah keteladanan
sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
4.5.1. Menceritakan
kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a
|
Proyek
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Al-Madinah
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester :
IX/II
Tahun
Pelajaran :2018/2019
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. `Mencoba,mengolah,danmenyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR ESENSI
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1. Meyakini macam-macam
takdir yang berhubungan dengan qadla’ dan qadar Allah SWT.
1.2.
Menghayati adab pergaulan remaja yang islami
1.3.
Menghayati adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan
1.4.
Menghayati kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan,
dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
|
Observasi :
dengan cara
merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai akidah Islam yang
akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala penilaian disertai
rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan
pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal :
jejak rekam anak
dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar
teman
Observasi
dengan cara
merumuskan
pernyataan yang ada
hubungannya dengan nilai akidah Islam yang akan dicentang oleh guru bisa
berupadaftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan
pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal: jejak rekam anak
dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar
teman
(penilaian-penilaian
sikap di atas,dipilih salah satu untuk tiap materi pada KD-KD dalam KI 1 dan
KI 2)
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak
dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
|||
2.1.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada qadla’ dan qadar Allah
2.2.
Menampilkan
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
2.3.
Terbiasa beradab
islami terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan, di tempat
umum, dan di jalan
2.4.
Meneladani
sifat-sifat utama sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talibr.a.
|
|
|||||
3.1. Menunjukkan bukti/dalil kebenaran
akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang beriman
kepadanya
|
3.1.1.Menjelaskan bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan
ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepadanya
|
bukti/dalil
kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang
beriman kepadanya
|
Mengamati:
·
memperhatikan dan mengamati
gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya, dengan membuat
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan
qadla’ dan qadar
·
Membaca atau membuka wawasan tentang qadla’ dan
qadar
Eksplorasi:
·
Menalar, dengan mencari
kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan beriman kepada qadla’
dan qadar
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar informasi tentang
qadla’ dan qadar
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan tentang
fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi beripan
kepada qadla’ dan qadar.
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
3x2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak
dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.1. Menyajikan kisah-kisah dari berbagai
sumber dalam fenomena kehidupan tentang qadla’ dan qadar
|
4.1.1 Bercerita tentang qadla’ dan qadar
|
Proyek
|
||||
3.2. Memahami pentingnya akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai
dengan akhlak Islam
|
3.1.1.Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan
dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
|
Pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam
|
Mengamati:
·
Mengamati pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam
Menanya:
·
Saling bertanya tentang
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan
remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan
remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar informasi tentang
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan
remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan antar kelompok
tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif
pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
3x2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak
dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.2. Mensimulasikan contoh perilaku
terpujidan dampak negatif perilaku tercela dalam pergaulan remaja
|
4.1.1 Bercerita tentang akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan
akhlak Islam
|
Proyek
|
||||
3.3. Memahami adab terhadap lingkungan,
yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
3.1.1.Menjelaskan adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
adab terhadap
lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
Mengamati:
·
Mengamati pentingnya adab
terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan
di jalan
Menanya:
·
Saling bertanya tentang
pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di
tempat umum, dan di jalan
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang
pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di
tempat umum, dan di jalan
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar informasi tentang
pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di
tempat umum, dan di jalan
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan antar kelompok
tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
3x 2 am pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak
dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.3. Mensimulasikan adab terhadap
lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum dan di jalan
|
4.1.1 Bercerita tentang adab terhadap
lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
Unjuk kerja
|
||||
3.4. Menganalisis kisah keteladanan
sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
3.1.1.Menjelaskan kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin
Abi Talib r.a
|
kisah keteladanan
sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
Mengamati:
·
Memperhatikan tayangan kisah
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Menanya:
·
Memberi umpan balik tentang
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Eksplrosi:
·
Mendiskusikan kisah keteladanan
sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
·
Mengidentifikasi kisah
keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan contoh-contoh
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a. dari
kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan contoh keteladanan
sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
3x2 Jam
Pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak
dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.4. Menceritakan kisah keteladaan Usman
bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
4.1.1 Bercerita tentang kisah keteladanan sahabat
Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a
|
praktik
|