-->
Silabus Aqidah Akhlak K 13 MTSn/SMP IT

Silabus Aqidah Akhlak K 13 MTSn/SMP IT


silabus

SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : SMP Al-Madinah
Mata Pelajaran                  : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                : IX/1
Tahun Pelajaran               :2018/2019
               
KOMPETENSI INTI            :              
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata              
4.  `Mencoba,mengolah,danmenyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR ESENSI
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1.        Meyakini akan adanya hari akhir
1.2.        Meyakini macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
1.3.        Menghayati nilai  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
1.4.        Menghayati adab islami kepada kepada tetangga
1.5.        Menghayati  kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.



Observasi :
dengan cara merumuskan pernyataan-pernyatan tentang sikap peserta didik yang akan dinilai oleh guru, bisa berupa daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik

Penilaian diri:
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan untuk dijawab peserta didik sendiri dengan cara memilih opsi yang tersedia

Penilaian antar teman :
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan dan diberikan kepada peserta didik untuk menilai sikap temannya dengan cara memilih opsi yang tersedia

Jurnal:
rekam jejak pesrta didik dalam kegiatan sehari-hari (penilaian-penilaian sikap di atas,dipilih salah satu untuk tiap materi pada KD-KD dalam KI 1 dan KI 2)

Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemeni

2.1.        Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
2.2.        Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
2.3.        Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari
2.4.        Terbiasamenerapkan adab islami kepada tetangga
2.5.        Meneladani sifat-sifat utama sahabat Umar bin Khattab r.a.




3.1.         Memahami pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir tersebut
3.2.         Memahami macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
3.1.1.Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
3.1.2.Menjelaskan dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir
3.2.1. Menjelaskan tentang macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
·   Pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir tersebut
·   Macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
Mengamati:
·         memperhatikan dan mengamati gambar yang berkaitan dengan pengertian, dalil, tanda-tanda, alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Menanya:
·         bertanya, dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan hari akhir
·         Membaca  atau membuka wawasan tentang hari akhir
Eksplorasi:
·         Menalar, dengan mencari kisah-kisah  atau fenomena  yang menggambarkan hari akhir
Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi tentang hari akhir
Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena  atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi hari akhir.
Tes Tulis:
Pilihan ganda, Isian, Jawaban singkat, menjodohkan dan benar-salah serta

tes uraian
obyektif dan non obyektif

Test Lisan:
Tanya jawab,kuis,atau wawancara

7x2 Jam pelajaran
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemeri




4.1.         Menyajikan data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan hari akhir
4.1.1.Menceritakan proses hari akhir
Fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan hari akhir
Proyek
Portofolio

3.3.         Memahami pengertian, contoh, dan dampak  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
3.3.1. Menjelaskan tentang pengertian, contoh, dan dampak  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
pengertian, contoh, dan dampak  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
Mengamati:
·         memperhatikan dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·         bertanya, dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan pengertian, contoh, dan dampak  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
·         Membaca  atau membuka wawasan tentang sikap  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
Eksplorasi:
·         Menalar, dengan mencari kisah-kisah  atau fenomena  yang menggambarkan sikap  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi tentang sikap  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena  atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sikap  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif.
Test Tulis, dan Test Lisan
3x2 Jam pelajaran
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemenag  

4.2.         Menyajikan contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
4.2.1. Menceritakan tentang pengertian, contoh, dan dampak  berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
Proyek
Portofolio

4.3.         Menyajikan kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
4.3.1. Menceritakan kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
Kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif

3.4.         Memahami adab islami kepada kepada tetangga
3.4.1. Menjelaskan tentang adab islami kepada kepada tetangga
Adab islami kepada kepada tetangga
Mengamati:
·         Gejala prilaku adab islami kepada kepada tetangga
Menanya;
·         Memberi tanggapan  praktik perilaku dalam kehidupan sehari-hari tentang adab islami kepada kepada tetangga
Mengeksplorasi:
·         Menggali informasi tentang adab islami kepada kepada tetangga
Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi dalam mengelompokkan adab islami kepada kepada tetangga
Mengkomunikasikan:
·         Mensimulasikan contoh perilaku adab islami kepada kepada tetangga serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
Test tulis
Tes lisan
3x2 jam
pelajaran
Buku Paket Akidah
AkKemla.

n

4.4.         Mensimulasikan adab islami kepada tetangga
4.4.1 Mensimulasikan adab islami kepada tetangga
Praktik

3.5.         Menganalisis kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
3.5.1 Menjelaskan tentang kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
Kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
Mengamati:
·         Memperhatikan tayangan kisah kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
Menanya:
·         Memberi umpan balik tentang kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.tersebut
Eksplrosi:
·         Mendiskusikan keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a.
·         Mengidentifikasi keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a.
Mengasosiasikan:
·         Menyimpulkan contoh-contoh keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·         Menceritakan contoh keteladanan kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
Test tulis
Bentuk uraian
Penugasan

3x2 jam
pelajaran
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemenag kelas IX.

Buku Akidah Ahlak dari sumber penerbit Yang lain

4.5.         Menceritakan kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a.
4.5.1. Menceritakan kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a
Proyek





SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : SMP Al-Madinah
Mata Pelajaran                  : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                : IX/II
Tahun Pelajaran               :2018/2019
               
KOMPETENSI INTI            :              
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata              
4.  `Mencoba,mengolah,danmenyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR ESENSI
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1.    Meyakini macam-macam takdir yang berhubungan dengan qadla’ dan qadar Allah SWT.
1.2.    Menghayati adab pergaulan remaja yang islami
1.3.    Menghayati adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan
1.4.    Menghayati kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.



Observasi :
dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai akidah Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal :
jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
Observasi
dengan cara merumuskan
pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai akidah Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal: jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
(penilaian-penilaian sikap di atas,dipilih salah satu untuk tiap materi pada KD-KD dalam KI 1 dan KI 2)

Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.

Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
2.1.        Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada qadla’ dan qadar Allah
2.2.        Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
2.3.        Terbiasa beradab islami terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan
2.4.        Meneladani sifat-sifat utama sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talibr.a.



3.1.         Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepadanya
3.1.1.Menjelaskan bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepadanya
bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepadanya
Mengamati:
·         memperhatikan dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·         bertanya, dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan qadla’ dan qadar
·         Membaca  atau membuka wawasan tentang qadla’ dan qadar
Eksplorasi:
·         Menalar, dengan mencari kisah-kisah  atau fenomena  yang menggambarkan beriman kepada qadla’ dan qadar
Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi tentang qadla’ dan qadar
Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena  atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi beripan kepada qadla’ dan qadar.
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
3x2 Jam pelajaran
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.

Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
4.1.         Menyajikan kisah-kisah dari berbagai sumber dalam fenomena kehidupan tentang qadla’ dan qadar
4.1.1      Bercerita tentang qadla’ dan qadar
Proyek
3.2.         Memahami pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
3.1.1.Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengamati:
·         Mengamati pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Menanya:
·         Saling bertanya tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengeksplorasi:
·         Menggali informasi tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan antar kelompok tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
3x2 Jam pelajaran
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.

Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
4.2.         Mensimulasikan contoh perilaku terpujidan dampak negatif perilaku tercela dalam pergaulan remaja
4.1.1      Bercerita tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Proyek
3.3.         Memahami adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
3.1.1.Menjelaskan adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Mengamati:
·         Mengamati pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Menanya:
·         Saling bertanya tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Mengeksplorasi:
·         Menggali informasi tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Mengasosiasikan:
·         Saling tukar informasi tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Mengkomunikasikan:
·         Mempresentasikan antar kelompok tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
3x 2 am pelajaran
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.

Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
4.3.         Mensimulasikan adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum dan di jalan
4.1.1      Bercerita tentang adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Unjuk kerja
3.4.         Menganalisis kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
3.1.1.Menjelaskan kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Mengamati:
·         Memperhatikan tayangan kisah kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Menanya:
·         Memberi umpan balik tentang kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Eksplrosi:
·         Mendiskusikan kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
·         Mengidentifikasi kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Mengasosiasikan:
·         Menyimpulkan contoh-contoh kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·         Menceritakan contoh keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
3x2 Jam
Pelajaran
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.

Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
4.4.         Menceritakan kisah keteladaan Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
4.1.1      Bercerita tentang kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a
praktik


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel