-->
Proposal Workshop Guru

Proposal Workshop Guru


Lokakarya guru

PROPOSAL PELAKSANAAN WORKSHOP
PENINGKATAN KUALITAS DAN TATA KELOLA PROSES PEMBELAJARAN


SMP AL MADINAH
Tahun Pelajaran 2017/2018









YAYASAN AL MADINAH AL MUNAWWARAH
Jl. Lintas Solok-Padang km. 17 Jorong Talago Nagari Guguak
Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok
2017

A. Latar Belakang
Sekolah dituntut peran yang besar dalam meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan melalui penyusunan kurikulum yang sesuai dengan potensi dan aspirasi masyarakat yang menjadi pendudukung dan sekaligus sebagai stakeholder pendidikan dalam wilayah cakupan layanannaya.
Fungsi sekolah akan meningkat dalam pengelolaan dan membuat keputusan tentang kurikulum pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan di sekolah perlu dikelola berdasarkan prinsip manajemen berbasis sekolah yang mengutamakan peran serta masyarakat.
Mutu pendidikan ada di sekolah, karena itu peran sekolah sangat menentukan  dalam upaya meningkatkan mutu  pendidikan. Banyak hal yang perlu diperbuat  oleh sekolah karena sebagai besar kebijakan yang berkaitan dengan implementasi Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan dilaksanakan oleh sekolah. Implementasi Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan tercermin dalam proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran sangat menentukan kualitas hasil belajar siswa. Kualitas proses pembelajaran akan tercapai jika guru sebagai pengembang dan  pelaksana  kurikulum memiliki  kompetensi yang memadai dalam hal perencanaan pembelajaran, penyediaan bahan ajar, penyelenggaraan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran.
Berkenaan dengan hal tersebut, maka sekolah harus senantiasa memelihara dan mengembangkan kompetensi dan profesionalisme guru. Salah satunya adalah menyelenggarakan bimbingan teknik melaksanakan bimbingan teknik k13, akreditasi dan perangkat pembelajaran

B. Profil Sekolah
I. Profil Umum Sekolah
1.      Nama                           : SMP Al Madinah Solok
2.      NSS                             : 69916924
3.                                                                                 Alamat                       :Jl. Lintas Solok-Padang km.17 Jorong Talago Nagari Guguak Kab. Solok
4.      Jalan                            : Lintas Sumatera
5.      Nagari                         : Guguk
6.      Kecamatan                  : Gunung Talang
7.      Kabupaten                   : Solok
8.      Provinsi                       : Sumatera Barat
9.      Kode Pos                    : 27366
10.  Telepon                       : 0755-31017
11.  Email                           : smp.almadinah.solok@gmail.com


Data Siswa Tahun Pelajaran 2017/2018 :
KELAS
ROMBEL
JENIS KELAMIN
JUMLAH
L
P
VII
2
40
0
40
VIII
1
22
0
22
IX
2
38
0
38
JUMLAH
100
0
100

II. Visi, Misi dan Tujuan

  1. Visi
Mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul dan kompetitif hingga dapat melahirkan generasi muslim yang memiliki kemampuan memikul amanah Allah sebagai hamba dan kholifah-Nya.
  1. Misi
Menyelenggarakan lembaga pendidikan muslim dengan system integral yang memadukan aspek intelektual, mental-spiritual dan life-skills sehingga dapat melahirkan generasi muslim yang bertaqwa, cerdas dan mandiri.
  1. Tujuan
Pondok Pesantren Al Madinah Al Munawarah  program SMP Al-Madinah memiliki tujuan melahirkan generasi muslim yang berakhlak mulia yang : memahami, meyakini dan mengamalkan ajaran Islam; memiliki semangat bersaing dan daya fikir dalam pengembangan ilmu pengetahuan; memiliki dasar – dasar keterampilan sebagai bekal hidup secara mandiri.

III. Analisis Implementasi Kurikulum
1.      Kondisi Ideal
Kondisi ideal yang diharapkan agar SI dan SKL (KTSP) dapat diimplementasikan di sekolah dengan baik, yaitu :
1)           Sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai, terutama sarana pembelajaran berupa buku, media pembelajaran, dan sumber-sumber belajar, 75 % memenuhi standar nasional pendidikan;
2)           Sekolah memiliki SDM yang memadai dengan tingkat  kompetensi dan profesionalisme yang tinggi; 100 %  memiliki kualifikasi pendidikan S1 dan melaksanakan tugas sesuai dengan latar belakang pendidikannya;
3)           Sekolah memiliki dokumen 1 (silabus, RPP) yang lengkap, mutakhir, dan inovatif;
4)           Guru memiliki pengetahuan dan keterampilan (kompetensi) yang memadai dalam menyusun silabus, RPP, bahan ajar, media pembelajaran, melaksanakan pembelajaran kontekstual, pembelajaran IPA-IPS terpadu, penilaian berbasis kelas, penugasan berstruktur , kegiatan mandiri tidak berstruktur dan kegiatan remidial;
5)           Proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan standar proses yang ditetapkan, yakni 90% guru melaksanakan pembelajaran kontekstual dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi;
6)           Sekolah memiliki program pengembangan diri dan pendidikan kecakapan hidup;
7)           Motivasi belajar yang tinggi dari para siswa, serta dukungan dan kerjasama dari orangtua terhadap program-program sekolah yang berkaitan dan implementasi SI dan SKL
2.      Kondisi Sekolah Saat Ini
a)      Sarana dan prasarana sekolah belum memadai, terutama yang mendukung proses pembelajaran seperti belum memiliki ruangan multi media,  perpustakaan, serta media dan sumber belajar lainnya juga masih terbatas;
b)      SDM sekolah baru 75% berkelayakan;
c)      Dokumen 1 yang dimiliki belum lengkap, mutakhir dan inovatif;
d)     Pemahaman dan keterampilan guru berkenaan dengan implementasi SI dan SKL memerlukan pengembangan dan pembinaan secara terus menerus;
e)      Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada umumnya  masih bersifat tradisional.  Pembelajaran kontekstual, penilaian berbasis kelas, penugasan berstruktur dan tidak berstruktur  belum sepenuhnya dilaksanakan , demikian pula halnya pembelajaran remidial dan pengayaan belum sepenuhnya terlaksana;
f)       Sekolah belum dapat melaksanakan program pengembangan diri dan pendidikan kecakapan hidup secara terprogram;
g)       Motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan, serta minimnya dukungan orang tua siswa terutama dukungan terhadap proses pembelajaran.
IV.   Upaya Kearah Implementasi SI dan SKL
Berkenaan dengan poin 1 dan 2 di atas, agar SI dan SKL (dapat diimplementasikan dengan baik di sekolah, maka sekolah  mengupayakan :
1)          Melengkapi sarana dan prasarana sekolah dengan mengoptimalkan sumberdaya dan sumber dana yang ada di sekolah, mengusulkan ke yayasan, serta menjalin kerja sama komite sekolah;
2)          Mendorong guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, serta mengoptimalkan pembagian tugas sesuai dengan latar belakang pendidikannya;
3)          Melaksanakan review KTSP oleh tim pengembang kurikulum di tingkat sekolah;
4)          Pengembangan dan peningkatan kompetensi guru melalui pemberdayaan MGMP sekolah, IHT, dan Worshop, serta pengiriman ke berbagai pelatihan sesuai kebutuhan dan kesempatan yang ada;
5)          Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan mencobakan pembelajaran kontekstual melalui kegiatan veer teaching;
6)          Menyusun dan melaksanakan program pengembangan diri dan pendidikan keterampilan hidup;
7)          Memelihara motivasi belajar siswa melalui kegiatan reward and vanismen., serta memelihara hubungan baik dan kerja sama dengan orangtua siswa melalui pertemuan rutin secara berkala pada awal dan akhir semester.

C. Maksud dan Tujuan Pelaksanaan Workshop
  1. Maksud
Pelaksanaan workshop peningkatan kualitas pembelajaran ini di laksanakan dengan beragendakan kegiatan-kegiatan yang secara garis besar berguna sebagai persiapan para guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran pada tahun  ajaran 2017/2018. 
II.                Tujuan Umum
Menghasilkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir dan berwawasan ke depan untuk mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, serta relevan dengan kebutuhan peserta didik, perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi.
III.             Tujuan Khusus
1)      Menghasilkan RKS tahun ajaran 2017/2018
2)      Menghasilkan RKAS tahun ajaran 2017/2018
3)      Mengatur pembagian tugas guru tahun ajaran 2017/2018
4)      Menghasilkan perangkat pembelajaran tahun ajaran 2017/2018 untuk semua mata pelajaran
5)      Membentuk panitian MOS
6)      Menyusun program gerakan sukses ujian nasional
7)      Menentukan Muatan Lokal dan  Kegiatan Pengembangan diri,
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Workshop
Sosialisasi/Pelatihan/ Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran direncanakan diselenggarakan pada hari Senin – Jum,at tanggal 37 Juli 2017, bertempat di SMP Al Madinah.
E. Peserta
Peserta workshop peningkatan kualitas pembelajaran terdiri dari Kepala Sekolah, Guru dan karyawan SMP Al Madinah yang berjumlah 12 orang.
F.   Nara Sumber
a.                                 Drs. Amun Rowi, M.Pd
b.                                Drs. Irfan Saumi, M. Pd
c.                                 Syafrizal, S. Pd
d.                                Dedi Irianto, L. C





G. Agenda Kegiatan
1)      Senin, 3 Juli 2017
No.
Materi / Kegiatan
Pelaksana
Waktu
1.
Pembukaan
Agung Ivano Putra, S. Pd
08.00 – 09.00
2.
Bimbingan Penyusunan RKS
Syafrizal, S. Pd
09.00 – 10.00
3
Penyusunan RKS
Seluruh Peserta
10.00 – 12.00
  4.
ISOMA
Seluruh Peserta
12.00 – 13.30
5.
Penyusunan RKAS
Seluruh Peserta
13.30 – 16.30

2)      Selasa, 4 Juli 2017
No
Materi/Kegiatan
Pelaksana
Waktu
1
Bimbingan Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab di Asrama
Dedi Irianto L.C
08.00 – 10.00
2
Bimbingan Manajemen Tahfiz
Dedi Irianto L.C
10.00  – 12.00
3
ISOMA
Seluruh Peserta
12.00 – 13.30
4
Pembagian Tugas Musrib dan Karyawan Pondok Pesantren Al Madinah
Seluruh Peserta
13.30 – 14.30
5
Penyusunan Daftar Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Pengembangan Diri dan Belajar Tambahan.
Seluruh Peserta
14.30 – 15.30
6
Pembagian Tugas Guru
Seluruh Peserta
15.30 – 16.30

3)      Rabu, 5 Juli 2017
No.
Materi / Kegiatan
Pelaksana
Waktu
1.
Penyusunan Perangkat Pembelajaran (SKL, KKM, SK dan KD, Pemetaan SK dan KD, Rincian Minggu Efektif, Program Tahunan, dan Program Semester)
Seluruh Peserta
08.00 – 12.00
2.
ISOMA
Seluruh Peserta
12.00 – 13.30
3.
Penyusunan Perangkat Pembelajaran (SKL, KKM, SK dan KD, Pemetaan SK dan KD, Rincian Minggu Efektif, Program Tahunan, dan Program Semester)
Seluruh Peserta
13.00 – 16.30

4)      Kamis, 6 Juli 2017
No
Materi / Kegiatan
Pelaksana
Waktu
1
Penyusunan Silabus dan RPP Semester 1
Tahun ajaran 2017/2018
Seluruh Peserta
08.00- 12.00
2
ISOMA
Seluruh Peserta
12.00 – 13.30
3
Penyusunan Silabus dan RPP Semester 1
Tahun ajaran 2017/2018
Seluruh Peserta
13.30 – 16.30

5)      Jum,at, 7 Juli 2017
No
Materi / Kegiatan
Pelaksana
Waktu
1
Penyusunan Program Gerakan Sukses Ujian Nasional
Seluruh Peserta
08.00 – 10.30
2
Pembentukan Panitia MOS
Seluruh Peserta
10.30 – 12.00
3
ISOMA
Seluruh Peserta
12.00 – 13.30
4
Hal-hal Lain Yang Dirasa Perlu
Seluruh Peserta
13.30 -15.00
5
Tanya Jawab dan Saran
Seluruh Peserta
15.00 – 16.00
6
Penutupan
Seluruh Peserta
16.00 – 16.30

H.  Aggaran Kegiatan
Anggaran yang diperlukan untuk pelaksanaan Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran:
No.
Jenis Pengeluaran
Sasaran
Vol
Harga Satuan
Jumlah
1
 Honor Nara Sumber
2 org
1 kali
400.000
800.000
2
Snack
25 org
10 kali
5.000
1.250.000
3
Makan Siang
      25 org
5 Kali
18.000
2.250.000
4
Aqua Botol
Nara sumber
15 Botol
3.000
45.000
5
ATK & Penggandaan
1 keg
17
10.000
170.000
6
Spanduk
1X5
1
30.000
150.000

Total



4.665.000
Terbilang : Empat Juta Enam Ratus Enam Puluh Lima Ribu Rupiah



I.     Kepanitiaan
8)           Kepanitiaan
No.
Nama
Jabatan Kepanitiaan
1.
Drs. Amun Rowi, M. Pd
Pengarah
2.
Drs. Irfan Saumi, M. Pd
Pengarah
3.
Nazaruddin, S.Ag., M.Pd
Penanggung Jawab
4.
Agung Ivano Putra, S. Pd
Ketua Panitia
5.
Angga Hermanto, S. Kom
Sekretaris
6.
M. Hasanuddin, SE
Bendahara
7.
Deswandi
Konsumsi
8.
Adri Warman, S. Pd
Anggota
9.
H. Ahmad Arif, LC
Anggota
10.
Arianto, ST
Anggota
11.
Rahmat Fauzan, S. Pd
Anggota
12.
Muhammad Akbar
Anggota
13.
Bobi Adiska Putra, S. Pd
Anggota
14.
Kurniawan, S. IQ, S. Ag
Anggota
15.
Buk Ceh
Anggota
16.
Buk Nena
Anggota
17.
Buk Las
Anggota
18.
Buk Dani
Anggota
19.
Horis
Anggota
20.
Eti
Anggota
21.
Aan Junaidi
Anggota
22.
Depi Ardi
Anggota
23.
Dedi Wahyudi
Anggota

Tugas Panitia
1.    Penanggung Jawab
1.1.            Memberikan bimbingan dan arahan tentang tata laksana Workshop Prningkatan Kualitas Pembelajaran
1.2.            Mengawasi jalannya kerja Panitia / Mekanisme kerja Panitia
1.3.            Memberikan pertanggungjawaban kepada Atasan
2.  Ketua Panita
2.1.            Bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran
2.2.            Bertanggung jawab atas jalannya penyelenggaraaan Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran
2.3.            Mengkoordinir dan mengorganisir seluruh kegiatan administrasi pelaksanaan Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran
2.4.            Membuat kebijakan dan keputusan untuk kelancaran pelaksanaan bimtek K13, Akreditasi Dan Perangkat Pembelajaran
2.5.            Mempertanggung jawabkan semua hasil pelaksanaan Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran
3.          Sekretaris                
3.1.            Melaksanakan tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan administrasi pelaksanaan Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran  seperti menyusun jadwal, daftar hadir, dan format-format lainnya
4.    Bendahara
4.1.            Membuat proposal rencana biaya Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran
4.2.            Mengkoordinir dan mengelola anggaran yang tersedia untuk melaksanakan Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran
4.3.            Menyediakan alat-alat yang diperlukan untuk pelaksanaan bimtek K13, Akreditasi Dan Perangkat Pembelajaran
4.4.            Menyusun format tanda terima honorarium panitia, Pemateri dan Peserta
4.5.            Membuat pertanggung jawaban keuangan ( SPJ )
5.    Konsumsi
5.1.             Menyediakan Snack dan minum nara sumber dan peserta workshop
5.2.            Menyediakan makan siang bagi nara sumber dan peserta workshop
6.    Anggota
6.1.             Membantu sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi lainnya dalam kepanitiaan
6.2.             Menyiapkan segala peralatan yang diperlukan untuk kelancaran Workshop Peningkatan Kualiatas Pembelajaran

J. Hasil Yang Diharapkan
1)      RKS tahun ajaran 2017/2018
2)      RKAS tahun ajaran 2017/2018
3)      Perangkat pembelajaran tahun ajaran 2017/2018
4)      Daftar pembagian tugas guru (wali kelas dan jadwal piket)
5)      Susunan panitia MOS tahun ajaran 2017/2018
6)      Program gerakan sukses ujian nasional tahun ajaran 2017/2018
7)      Daftar kegiatan pengembangan diri dan muatan lokal


K. Penutup
Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat dengan sebagaimana adanya. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu kami mohon bantuannya dan dukungannya dari semua pihak agar kegiatan ini dapat terlaksana.
Akhir kata, kami mengharapkan kritik dan saran dari proposal yang jauh dari sempurna ini sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan kami berikutnya.


Talago, 09 Juni 2017



Ketua




Agung Ivano Puta, S. Pd


Sekretaris




Angga Hermanto, S. Kom







 Mengetahui


Mudir PonPes Al Madinah





Drs. Amun Rowi, M. Pd
Wamudir Ponpes AL Madinah





Drs. Irfan Saumi, M. Pd


Kepala SMP Al Madinah





Nazarrudin, S. Ag, M. Pd







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel