Program Kerja Wakil Kurikulum
PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG KURIKULUM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Program ke-1
: Meningkatkan pemahaman guru tentang KTSP
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Melaksanakan
pelatihan peningkatan pemahaman KTSP
|
Pendidik
|
Memahami
dan melaksanakan KTSP
|
2.
|
Pembuatan
kurikulum Sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai
acuan dan pedoman segala yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar sampai dengan akhir kegiatan sekolah dalam kurun waktu tahun
pelajaran tertentu
|
3.
|
Pembuatan
silabus oleh MGMP Sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai
acuan dan pedoman pelaksanaan KBM
|
4.
|
Pembuatan
RPP oleh MGMP Sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai
acuan dan pedoman perencanaan kegiatan pembelajaran
|
Program ke-2
: Menyusun Kalender Pendidikan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Menyusun
Kalender Pendidikan
|
Pendidik
|
Sebagai
acuan dan pedoman kegiatan sekolah
|
Program
ke-3 : Membuat jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM)
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Membuat
jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM)
|
Pendidik
|
Sebagai
acuan dan pedoman kegiatan belajar mengajar
|
2.
|
Membuat
jurnal kelas dan jurnal mengajar guru
|
Pendidik dan ruang kelas
|
Sebagai
hasil dan bukti mengajar guru
|
Program ke-4
: Pemantauan pelaksanaan PBM guru
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Pemeriksaan
jurnal guru per minggu
|
Pendidik
|
Sebagai
hasil dan bukti mengajar guru
|
Program ke-5
: Mengadakan jam tambahan kelas VIII dan IX untuk mapel UN
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Penyusunan
jadwal jam tambahan kelas IX
|
Guru mapel UN dan siswa kelas IX
|
Sebagai
persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
|
2.
|
Pelaksanaan
jam tambahan kelas IX
|
Guru mapel UN dan siswa kelas IX
|
Sebagai
persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
|
Program ke-6
: Penyusunan sistem penilaian
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Penyusunan
sistem penilaian
|
Guru mapel
|
Sebagai
pedoman pengolahan data penilaian yang berhubungan kegiatan belajar
mengajar
|
2.
|
Sosialisasi
sistem penilaian
|
Guru mapel
|
Sebagai
bekal dan pedoman pengolahan data penilaian yang berhubungan kegiatan
belajar mengajar
|
Program
ke-7 : Membuat daftar nilai
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Membuat
daftar nilai
|
Guru mapel
|
Sebagai
bukti hasil pencapaian hasil belajar siswa
|
Program
ke-8 : Mengadakan Ulangan Harian Bersama (UHB)
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Mengadakan
Ulangan Harian Bersama (UHB)
|
Siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa
|
Program
ke-9 : Mengadakan Ulangan Tengah semester (UTS)
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Mengadakan
Ulangan Tengah semester (UTS)
|
Siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama tengah semester
|
Program
ke-10 : Mengadakan
Ulangan Akhir Semester (UAS)
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Mengadakan
Ulangan Akhir Semester (UAS)
|
Siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama satu semester
|
Program
ke-11 : Mengadakan
Try out UN
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Mengadakan
Try out UN
|
Siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan jam tambahan
|
Program
ke-12 : Mengadakan
Ujian praktek kelas IX
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Mengadakan
Ujian praktek kelas IX
|
Siswa
|
Sebagai
alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar selama 5
semester
|
Program
ke-13 : Pembagian
laporan hasil belajar
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Pembagian
laporan hasil belajar
|
Orang tua / wali murid dan Siswa
|
Sebagai
pelaporan pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar
|
Program
ke-14 :
Melaksanakan rapat kenaikan kelas
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Melaksanakan
rapat kenaikan kelas
|
Pendidik
|
Sebagai
pelaporan pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar satu tahun
pelajaran
|
Program
ke-15 :
Melaksanakan sosialisasi ujian sekolah dan ujian nasional
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Melaksanakan
sosialisasi ujian sekolah dan ujian nasional
|
Orang tua / wali murid dan Siswa
|
Sebagai
pembekalan dan persiapan menyongsong ujian sekolah dan nasional
|
Program
ke-16 :
Melaksanakan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN)
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Pembentukan
panitia
|
Guru dan staf karyawan TU
|
Memperlancar
jalannya kegiatan US/UN
|
2.
|
Melaksanakan
ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN)
|
Siswa
|
Sebagai
penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa dalam proses KBM dalam satu tahun
pelajaran
|
Program
ke-17 :
Penentuan kelulusan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Pembentukan
panitia
|
Guru dan staf karyawan TU
|
Memperlancar
jalannya kegiatan pengumuman kelulusan
|
2.
|
Pengumuman
kelulusan
|
Siswa
|
Sebagai
hasil perolehan nilai akhir siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
|
Program
ke-18 : Menyusun
kriteria kenaikan kelas dan kriteria kelulusan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Pembentukan
panitia
|
Guru dan staf karyawan TU
|
Memperlancar
jalannya kegiatan pengumuman kelulusan
|
2.
|
Pengumuman
kelulusan
|
Siswa
|
Sebagai
hasil perolehan nilai akhir siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
|
Program
ke-19 : Penyusunan
tata tertib pemanfaatan perpustakaan,lab.IPA dan lab.komputer dan ruang media
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Menyusunan
tata tertib pemanfaatan perpustakaan,lab.IPA dan lab.komputer dan ruang media
|
Guru dan siswa
|
Memperlancar
jalannya kegiatan penggunaan dan pemanfaatan Sarana yang ada
|
Program
ke-20 : Mengatur
pelayanan bimbingan dan konseling bagi siswa
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
1.
|
Pelayanan
bimbingan dan konseling bagi siswa
|
Siswa
|
Memberikan
pelayanan bimbingan dan konseling bagi siswa
|