Sarana Dan Prasarana Sekolah
Sarana Dan Prasarana Sekolah
Prasarana berarti alat tidak
langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan misalnya : lokasi/tempat,
bangunan sekolah,lapangan olahraga, uang dan sebagainya. Sarana berarti alat
langsung untuk mencapai tujuan pendidikan .misalnya; Ruang, Buku, Perpustakaan,
Laboratorium dan sebagainya.
Macam-macam sarana pendidikan :
Menurut keputusan menteri P dan K No
079/ 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu :
- Bangunan dan perabot sekolah,
- Alat pelajaran yang terdiri dari pembukuan , alat-alat peraga dan laboratorium.
- Media pendidikan yang dapat di kelompokkan menjadi audiovisual yang menggunakan alat penampil dan media yang tidak menggunaakan alat penampil.
Adapun macam-macam sarana dan
prasarana yang di perlukan di sekolah demi kelancaran dan keberhasilan kegiatan
proses pendidikan sekolah adalah:
- Ruang kelas : tempat siswa dan guru melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
- Ruang perpustakaan: tempat koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa dandari sinilah siswa dapat menambah pengetahuan.
- Ruang laboratorium (tempat praktek): tempat siswa mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan serta tempat meneliti dengan menggunakan media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep pengetahuan .
- Ruang keterampilan adalah tempat siswa melaksanakan latihan mengenai keterampilan tertentu.
- Ruang kesenian: adalah tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan seni
- Fasilitas olah raga: tempat berlangsungnya latihan-latihan olah-raga.
Komponen-komponen
Sarpras Pendidikan :
a. Lahan
Lahan yang di perlukan untuk
mendirikan sekolah harus di sertai dengantanda bukti kepemilikan yang sah dan
lengkap (sertifikat), adapun jenis lahan tersebut harus memenuhi beberapa
kriteria antara lain :a Lahan terbangun adalah lahan yang diatasnya berisi bangunan
,b Lahan terbuka adalah lahan yang belum ada bangunan diatasnya.
- Lahan kegiatan praktek adalah lahan yang di gunakan untuk pelaksanaankegiatan praktek
- Lahan pengembangan adalah lahan yang di butuhkan untuk pengembanganbangunan dan kegiatan praktek.Lokasi sekolah harus berada di wilayah pemukiman yang sesuai dengancakupan wilayah sehingga mudah di jangkau dan aman dari gangguan bencanaalam dan lingkungan yang kurang baik.
b. Ruang
Secara umum jenis ruang di tinjau dari fungsinya dapat
di kelompokkan dalam:
i. Ruang pendidikan
Ruang
pendidikan berfungsi untuk menampung proses kegiatan belajar mengajar teori dan
praktek antara lain :
- Ruang teori sejumlah rombel
- Ruang perpustakaaan
- Ruang Laboratorium
- Ruang kesenian
- Ruang Olah raga
- Ruang keterampilan
ii. Ruang administrasi
Ruang Administrasi berfungsi untuk
melaksanakan berbagai kegiatan kantor, yang terdiri dari:
- Ruang kepala sekolah
- Ruang tata usaha
- Ruang guru
- Gudang
iii. Ruang penunjang
Ruang penunjang berfungsi untuk
menunjang kegiatan yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar antara lain
:
- Ruang Ibadah
- Ruang serbaguna
- Ruang koperasi sekolah
- Ruang UKS
- Ruang OSIS
- Ruang WC/ kamar mandi
- Ruang BP
c. Perabot
Secara umum perabot sekolah
mendukung 3 (tiga) fungsi yaitu : fungsi pendidikan, fungsi administrasi,
fungsi penunjang. Jenis perabot sekolah dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam,
yaitu:
1.
|
Perabot
pendidikan
|
|
Perabot pendidikan adalah semua jenis mebel yang di
gunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar. Adapun Jenis, bentuk dan
ukurannya mengacu pada kegiatan itu sendiri
|
2.
|
Perabot administrasi
|
|
Perabot administrasi adalah perabot yang di gunakan
untuk mendukung kegiatan kantor. Jenis perabot ini banyak sekali ragam dan
jenisnya
|
3.
|
Perabot penunjang
|
|
Perabot penunjang adalah perabot yang di gunakan
atau di butuhkan dalam ruang penunjang, seperti perabot perpustakaan, perabot
UKS, perabot OSIS dan sebagainya.
|
d. Alat dan
media pendidikan
Setiap mata pelajaran
sekurang-kurangnya memiliki satu jenis alat peraga praktek yang sesuai dengan
keperluan pendidikan dan pembelajaran,sehingga dengan demikian proses
pembelajaran tersebut akan berjalan dengan optimal.
1.
|
Buku atau
bahan pembelajaran
|
|
Bahan pembelajaran adalah sekumpulan bahan pelajaran
yang di gunakan dalam kegiatanproses belajar mengajar
|
2.
|
Buku pegangan
|
|
Buku pegangan di gunakan oleh guru dan peserta didik
sebagai acuan dalam pembelajaran yang bersifat Normatif, adaptif dan produktif
|
3.
|
Buku pelengkap
|
|
Buku ini di gunakan oleh guru untuk memperluas dan
memperdalam penguasaan materi.
|
4.
|
Buku sumber
|
|
Buku ini dapat di gunakan oleh guru dan peserta
didik untuk memperoleh kejelasan informasi mengenai suatu bidang ilmu / keterampilan
|
5.
|
Buku bacaan
|
|
Buku ini dapat di gunakan oleh guru dan peserta
didik sebagai bahan bacaan tambahan (non fiksi) untuk memperluas pengetahuan
dan wawasan serta sebagai bahan bacaan (fiksi ) yang bersifat relatif.
|