Kisi - Kisi Soal Semester I TP 2019/2020 SMP IPS Kelas VII
KISI-KISI SOAL SEMESTER I
MATA PELAJARAN / KELAS : IPS / VII K 13
TP: 2019/2020
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
TINGKAT RANAH
|
NO SOAL
|
1
|
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk
muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia
serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
|
Manusia tempat dan lingkungan
|
Mengidentifikasi pengertian ruang
|
C1
|
1
|
Interaksi antar ruang
|
Menjelaskan penyebab terjadinya interaksi antar ruang
|
C2
|
2
|
||
Menentukan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi
antar ruang
|
C3
|
3
|
|||
Letak dan luas Indonesia
|
Mengidentifikasi pengertian peta
|
C1
|
4
|
||
Disajikan gambar peta, peserta didik dapat menunjukkan insert pada peta.
|
C1
|
5
|
|||
Menjelaskan pengertian letak geografis
|
C2
|
6
|
|||
Menganalisis keuntungan letak geografis Indonesia dibidang
ekonomi.
|
C4
|
7
|
|||
Disajikan data tentang
akibat letak geologis Indonesia, peserta didik dapat menganalisis dampak
positif dari letak geologis Indonesia.
|
C4
|
8
|
|||
Potensi hutan
|
Disajikan tabel
pulau-pulau di Indonesia, peserta didik dapat menentukan pulau-pulau
dengan hutan terluas di Indonesia.
|
C3
|
9
|
||
Disajikan data , peserta didik dapat menentukan fungsi hutan.
|
C3
|
10
|
|||
Potensi sumber daya tambang
|
Menjelaskan manfaat minyak bumi
|
C2
|
11
|
||
Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan daerah-daerah
penghasil minyak bumi di Indonesia
|
C3
|
12
|
|||
Menjelaskan manfaat emas
|
C2
|
13
|
|||
Potensi sumber daya laut
|
Mengidentifikasi pengertian potensi lestari
|
C2
|
14
|
||
Menganalisis jenis ikan
yang hdup diperairan Indonesia bagian timur.
|
C2
|
15
|
|||
Disajikan Ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis sangsi
illegal fishing bagi negara lain.
|
C3
|
16
|
|||
Potensi hutan mangrove
|
Menganalisis fungsi ekologis dari hutan mangrove
|
C4
|
17
|
||
Mengklasifikasikan pulau
dengan hutan mangrove terluas di Indonesia
|
C3
|
18
|
|||
Potensi terumbu karang
|
Menjelaskan factor yang .menyebabkan terumbu karang dapat
berkembang dengan baik di Indonesia.
|
C3
|
19
|
||
Dinamika penduduk
|
Mengidentifikasi pengertian dinamika penduduk.
|
C1
|
20
|
||
Menentukan dampak negative dari jumlah penduduk Indonesia yang
besar.
|
C3
|
21
|
|||
Menentukan sebab terjadinya persebaran penduduk yang tidak merata
|
C3
|
22
|
|||
Menjelaskan sebab pulau Jawa menjadi pulau yang paling padat
penduduknya.
|
C2
|
23
|
|||
Mengidentifikasi pengertian komposisi penduduk
|
C1
|
24
|
|||
Mengidentifikasi factor alami yang mempengaruhi pertumbuhan
penduduk.
|
C1
|
25
|
|||
Menentukan factor yang mempengaruhi
rendahnya kualitas penduduk Indonesia.
|
C3
|
26
|
|||
Keanekaragaman etnik dan budaya Indonesia
|
Disajikan tabel peserta didik dapat mengklasifikasikan tarian
daerah Aceh.
|
C3
|
27
|
||
Keadaan fisik wilayah
|
Mengidentifikasi ciri iklim tropis.
|
C1
|
28
|
||
Menganalisis terjadinya musim panas di Indonesia dan kaitannya
dengan mata pencaharian penduduk.
|
C4
|
29
|
|||
Flora dan fauna
|
Membedakan karakteristik flora Indonesia bagian barat dengan
flora Indonesia bagian timur
|
C2
|
30
|
||
Menentukan pembagian wilayah fauna Indonesia menurut garis weber.
|
C2
|
31
|
|||
Disajukan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pembagian
fauna di Indonesia berdasarkan garis Wallace dan garis Weber.
|
C3
|
31
|
|||
Perubahan akibat interaksi antar ruang
|
Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalis perubahan penggunaan lahan dengan perubahan
yang terjadi dalam masyarakat.
|
C4
|
32
|
||
Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisis dampak
interaksi antar ruang dengan perubahan komposisi penduduk.
|
C4
|
33
|
|||
Interaksi sosial
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan alas an manusia itu disebut makhluk social.
|
C3
|
34
|
||
Peserta didik dapat mengidentifikasi
syarat terjadinya interaksi social.
|
C2
|
35
|
|||
Disajikan ilustrasi peserta dudik dapat memberi contoh
sugesti dalam proses interaksi social.
|
C2
|
36
|
|||
Disajikan data peserta didik dapat mengklasifikasikan
bentuk-bentuk interaksi social asosiatif
|
C3
|
37
|
|||
Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisis contoh
proses social asimilasi.
|
C4
|
38
|
|||
Disajikan ilustrasi peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
kompetisi.
|
C1
|
39
|
|||
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian kontravensi.
|
C1
|
40
|
|||
Lembaga sosial
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengaitkan keteraturan social dengan
lembaga social.
|
C3
|
41
|
||
Disajikan contoh peserta
didik dapat menentukan tingkatan norma
dalam masyarakat.
|
C3
|
42
|
|||
Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat menentukan
tingkatan norma dalam masyarakat.
|
C3
|
43
|
|||
Disajikan peryataan peserta
didik dapat menentukan fungsi
lembaga social secara umum.
|
C3
|
44
|
|||
Disajikan contoh siswa
dapat menentukan fungsi lembaga
keluarga.
|
C3
|
45
|
|||
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi
lembaga agama.
|
C1
|
46
|
|||
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengklasifikasikan
fungsi lembaga ekonomi.
|
C3
|
47
|
|||
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan fungsi laten
dari lembaga pendidikan.
|
C3
|
48
|
|||
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi
pengertian nilai.
|
C1
|
49
|
|||
Disajikan ilustrasi pserta didik dapat menentukan contoh kegiatan
dalam lembaga politik.
|
C3
|
50
|