-->
Kisi - Kisi Soal Semester I TP 2019/2020 SMP IPS Kelas VII

Kisi - Kisi Soal Semester I TP 2019/2020 SMP IPS Kelas VII


KISI-KISI SOAL SEMESTER I
MATA PELAJARAN / KELAS : IPS / VII K 13
TP: 2019/2020

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
TINGKAT RANAH
NO SOAL
1
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
Manusia tempat dan lingkungan
Mengidentifikasi pengertian ruang
C1
1
Interaksi antar ruang
Menjelaskan penyebab terjadinya interaksi antar ruang
C2
2
Menentukan kondisi saling bergantung  yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antar ruang
C3
3
Letak dan luas Indonesia
Mengidentifikasi pengertian peta
C1
4
Disajikan gambar peta, peserta didik dapat menunjukkan  insert pada peta.
C1
5
Menjelaskan pengertian letak geografis
C2
6
Menganalisis keuntungan letak geografis Indonesia dibidang ekonomi.
C4
7
Disajikan data  tentang akibat letak geologis Indonesia, peserta didik dapat menganalisis dampak positif dari letak geologis Indonesia.
C4
8
Potensi hutan
Disajikan tabel  pulau-pulau di Indonesia, peserta didik dapat menentukan pulau-pulau dengan hutan terluas di Indonesia.
C3
9


Disajikan data , peserta didik dapat menentukan fungsi hutan.
C3
10
Potensi sumber daya tambang
Menjelaskan manfaat minyak bumi
C2
11
Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan daerah-daerah penghasil minyak bumi di Indonesia
C3
12
Menjelaskan manfaat emas
C2
13
Potensi sumber daya laut
Mengidentifikasi pengertian potensi lestari
C2
14
Menganalisis  jenis ikan yang hdup diperairan Indonesia bagian timur.


C2


15

Disajikan Ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis sangsi illegal fishing bagi negara lain.
C3
16
Potensi hutan mangrove
Menganalisis fungsi ekologis dari hutan mangrove
C4
17
Mengklasifikasikan  pulau dengan hutan mangrove terluas di Indonesia
C3
18
Potensi terumbu karang
Menjelaskan factor yang .menyebabkan terumbu karang dapat berkembang dengan baik di Indonesia.
C3
19
Dinamika penduduk
Mengidentifikasi pengertian dinamika penduduk.
C1
20
Menentukan dampak negative dari jumlah penduduk Indonesia yang besar.
C3
21
Menentukan sebab terjadinya persebaran penduduk yang tidak merata
C3
22
Menjelaskan sebab pulau Jawa menjadi pulau yang paling padat penduduknya.
C2
23
Mengidentifikasi pengertian komposisi penduduk
C1
24
Mengidentifikasi factor alami yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
C1
25
Menentukan  factor yang mempengaruhi rendahnya kualitas penduduk Indonesia.
C3
26
Keanekaragaman etnik dan budaya Indonesia
Disajikan tabel peserta didik dapat mengklasifikasikan tarian daerah  Aceh.
C3
27
Keadaan fisik wilayah
Mengidentifikasi ciri iklim tropis.
C1
28
Menganalisis terjadinya musim panas di Indonesia dan kaitannya dengan mata pencaharian penduduk.
C4
29
Flora dan fauna





Membedakan karakteristik flora Indonesia bagian barat dengan flora Indonesia bagian timur
C2
30
Menentukan pembagian wilayah fauna Indonesia menurut garis weber.
C2
31


Disajukan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pembagian fauna di Indonesia berdasarkan garis Wallace dan garis Weber.
C3
31


Perubahan akibat interaksi antar ruang
Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalis  perubahan penggunaan lahan dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
C4
32


Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisis dampak interaksi antar ruang dengan perubahan komposisi penduduk.
C4
33


Interaksi sosial
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan  alas an manusia itu disebut makhluk social.
C3
34


 Peserta didik dapat mengidentifikasi syarat terjadinya interaksi social.
C2
35


Disajikan ilustrasi peserta dudik dapat memberi contoh sugesti  dalam proses interaksi social.
C2
36


Disajikan data peserta didik dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk interaksi social asosiatif
C3
37


Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menganalisis contoh proses social asimilasi.
C4
38


Disajikan ilustrasi peserta didik dapat mengidentifikasi contoh kompetisi.
C1
39


Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian  kontravensi.
C1
40


Lembaga sosial
Disajikan pernyataan peserta didik dapat  mengaitkan keteraturan social dengan lembaga social.
C3
41


Disajikan  contoh peserta didik dapat menentukan  tingkatan norma dalam masyarakat.
C3
42


Disajikan  pernyataan, peserta didik dapat menentukan  tingkatan norma dalam masyarakat.
C3
43



Disajikan peryataan peserta  didik dapat menentukan  fungsi lembaga social secara umum.
C3
44


Disajikan contoh  siswa dapat menentukan  fungsi lembaga keluarga.
C3
45


Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi lembaga agama.
C1
46


Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengklasifikasikan fungsi lembaga ekonomi.
C3
47


Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan fungsi laten dari lembaga pendidikan.
C3
48


Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian nilai.
C1
49


Disajikan ilustrasi pserta didik dapat menentukan contoh kegiatan dalam lembaga politik.
C3
50


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel