Kisi - Kisi Ujian Semester 1 TP 2019/2020 IPS SMP Kelas IX
KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
I TP 2019/2020
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
RANAH SOAL
|
NO SOAL
|
KET
|
|
1.1Mengidentifikasiciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang
|
·
Pengertian
negara Maju
·
Ciri ciri
negara berkembang
|
·
Pesrta didik dapat menentukan pengertian
negara maju
·
Ditampilkan pernyataan Peserta
didik dapat menentukan ciri ciri negara berkembang
|
C1
C3
|
1
2
|
|
·
Penyebaran
negara maju
|
·
Peserta didik dapat menentukan penyebaran negara
maju
|
C2
|
3
|
|
||
·
Contoh negara
berkembang beserta alasannya
·
Contoh negara
berkembang di Benua Afrika
Negara maju di
benua Amerika
|
·
Peserta didik dapat menentukan alasan Indonesia tergolong kedalam negara berkembang
·
Peserta didik dapat menentukan
negara berkembang di benua Afrika
·
Disajikan peta peserta didik
dapat menunjukkan negara maju di benua Amerika
|
C2
C2
C3
|
4
5
6
|
|
||
|
1.2Mendeskrepsikan
Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
|
Hubungan
Proklamasi kemerdekaan RI dengan Perang Dunia II
·
Sebab umum Perang
Dunia II
|
Peserta
didik dapat menganalisis hubungan proklamasi kemerdekaan RI dengan PD II.
Peserta
didik dapat menentukan sebab khusus PD II di kawasan Asia fasifik
·
Peserta didik dapat menentukan sebab
umum Perang Dunia II
|
C4
C2
C2
|
7
8
9
|
|
|
|
·
Kelompok
negara-negara yang terlibat Perang Dunia II
·
Akibat Perang
Dunia di bidang Politik di Indonesia
|
·
Peserta didik dapat menentukan 3 negara fasis yang yang
terlibat dalam
Perang Dunia II
·
Peserta didik
dapat menentukan akibat terjadinya Perang Dunia II di Bidang politik di
Indonesia
|
C2
C2
|
10
11
|
|
|
|
·
Organisasi
militer jepang yang bertujuan
mempertahankan tanah air dari sekutu
·
Bentuk
perlawanan bangsa indonesia melawan penjajahan jepang melalui perjuangan
gerakan bawah tanah
|
·
Peserta didik
dapat menentukan organisasi militer
jepang yang bertujuan mempertahankan
tanah air dari sekutu.
·
Peserta didik
dapat menentukan tokoh yang melakukan perlawanan terhadap penjajahan jepang
melalui perjuangan gerakan bawah tanah
|
C2
C1
|
12
13
|
|
|
2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekan
Indonesia
|
·
Faktor
penyebab terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
·
AFNEI
|
·
Peserta didik
dapat menentukan faktor penyebab terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda pada
awal kemerdekaan
·
Peserta didik
dapat menentukan tokoh Pemimpin AFNEI yang datang ke Indonesia
|
C3
C2
|
14
15
|
|
|
|
·
Pertempuran
Surabaya
|
·
Peserta didik
dapat menentukan sebab terjadinya pertempuran surabaya
|
C1
|
16
|
|
|
|
·
Perundingan
Linggajati
·
Isi perjanjian
Linggarjati
|
·
Peserta didik
dapat menentukan delegasi indonesia dalam perundingan linggarjati
·
Di tampilkan peta
Indonesia!
Peserta
didik dapat menunjukkan wilayah indonesia menurut perjanjian linggarjati
|
C3
C3
|
17
18
|
|
|
|
·
Komisi Tiga
Negara( KTN)
·
Tugas Pokok
KTN
|
·
Peserta didik
dapat menentukan negara negara yang bergabung dalam Komisi Tiga negara ( KTN)
·
Peserta didik
dapat menentukan tugas pokok Komisi Tiga Negara (KTN)
|
C2
C2
|
19
20
|
|
|
|
·
Faktor dari
luar yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
·
Konfrensi Meja
Bundar (KMB)
|
·
Siswa dapat menjelaskan faktor dari luar Indonesia yang
memaksa Belanda keluar dari Indonesia
·
Ditampilkan
pernyataan !
·
peserta didik
dapat menentukan isi perjanjian KMB
|
C2
C3
|
21
22
|
|
|
2.2
Mendeskripsi kan peristiwa politik dan ekonomi
Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
·
Alasan rakyat
ingin Republik Indonesia kembali sebagai Negara Kesatuan
|
·
Peserta didik dapat menentukan alasan rakyat ingin Republik Indonesia kembali sebagai negara kesatuan
|
C1
|
23
|
|
|
|
·
Pemilu I 1955
·
Partai yang
menang dalam Pemilu tahun 1955
|
·
Peserta didik
dapat menentukan tujuan Pemilihan Umum 1955
·
Ditampilkan
tabel peserta didik dapat menentukan 3 partai yang menang dalam pemilu 1955
|
C2
C3
|
24
25
|
|
|
|
·
Dekrit
Presiden 5 Juli 1959
|
·
Peserta didik
dapat menentukan latar belakang dikeluarkan Dekrit presiden 5 Juli 1959
·
Ditampilkan pernyataan, peserta didik dapat menentukan isi dari
Dekrit Presiden 5
juli 1959
|
C3
C3
|
26
27
|
|
|
|
·
Pemberontakan
daerah sampai awal tahun 1960-an
|
·
Peserta didik
dapat menentukan faktor penyebab terjadinya konflik antara pusat dan daerah
|
C3
|
28
|
|
|
3.1Mendeskripsikan
perubahan social budaya pada masyarakat
|
·
Pengertian
perubahan sosial budaya
|
·
Siswa dapat menentukan pengertian
perubahan sosial budaya.
|
C1
|
29
|
|
|
|
·
Bentuk
perubahan sosial budaya
|
·
Peserta didik dapat menganalisa contoh perubahan sosial budaya
|
C4
|
30
|
|
|
|
·
Faktor
pendorong perubahan sosial
|
·
Peserta didik dapat menentukan salah satu faktor pendorong perubahan sosial
budaya
|
C2
|
31
|
|
|
|
·
Faktor-faktor penyebab
perubahan sosial budaya
|
·
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor
penyebab perubahan sosial budaya dari luar masyarakat
|
C3
|
32
|
|
|
3.2Menguraikan
tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan sosial budaya
|
·
Contoh prilaku
masyarakat akibat perubahan sosial budaya
·
Sikap
masyarakat yang yang menolak perubahan sosial budaya
|
·
Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku positif sebagai akibat
adanya perubahan sosial budaya.
·
Peserta didik dapat menentukan sikap masyarakat yang menolak perubahan
sosial budaya di era globalisasi
|
C2
C2
|
33
34
|
|
|
4.1Mendeskrisi
kan uang dan lembaga keuangan
|
Pengertian uang
|
·
Peserta didik dapat
menentukan pengertian uang
|
C1
|
35
|
|
|
|
Syaratsyarat
uang
·
Jenis uang
|
·
Peserta didik
dapat menentukan syarat syarat uang
·
Peserta didik
dapat menentukan contoh uang giral
|
C 1
C2
|
36
37
|
|
|
|
·
Nilai uang
|
·
Ditampilkan sebuah kasus, peserta didik dapat Menentukan nilai mata uang sesuai dengan
kasus tersebut
·
Peserta didik
dapat menentukan nilai nominal uang
|
C3
C1
|
38
39
|
|
|
|
·
Mata uang
asing
|
·
Ditampilkan tabel mata uang negara asing, peserta didik
dapat menentukan mata uang negara Kamboja dan Vietnam
|
C3
|
40
|
|
|
|
·
Pengertian
Bank
|
·
Peserta didik dapat menentukan pengertian bank.
|
C1
|
41
|
|
|
|
·
Tugas Pokok
Bank senral
|
·
Peserta ddik
menentukan tugas pokok bank sentral
|
C1
|
42
|
|
|
|
·
Jenis-jenis
bank
·
bank umum milik swasta
|
·
.Peserta didik
dapat menentukan contoh bank umum
milik swasta
|
C2
|
43
|
|
|
|
Lembaga
Keuangan Bukan bank
|
·
Peserta didik
dapat menentukan contoh lembaga keuangan bukan bank
|
C3
|
44
|
|
|
|
·
Pengertian
Perusahaan Asuransi
|
·
Peserta didik
dapat menentukan pengertian Perusahaan
Asuransi
|
C1
|
45
|
|
|
4.2Mendiskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian
Indonesia
|
·
Penyebab
timbulnya perdagangan Internasional
|
·
Peserta dididk dapat menentukan faktor
penyebab terjadinya perdagangan internasional
|
C2
|
46
|
|
|
|
·
Manfaat
perdangangan Internasional
|
·
Peserta didik
dapat menentukan faktor penghambat perdagangan internasional
|
C2
|
47
|
|
|
|
·
Perbedaan
perdagangan luar negri dengan perdagangan dalam negri
|
·
Ditampilkan
gambar peserta didik dapat menganalisis penyebab perbedaan mata uang negara
negara dengan perdagangan internasional
|
C4
|
48
|
|
|
|
·
Komoditas ekspor Indonesia
|
·
Peserta didik
dapat menentukan 2 contoh komoditas ekspor indonesia
|
C2
|
49
|
|
|
|
·
Dampak
perdagangan Internasioanal terhadap perekonomian Indonesia
|
·
Ditampilkan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan dampak positif perdagangan
internasional terhadap perekonomian Indonesia
|
C3
|
50
|
|