Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Tahun SMP IPS Kelas 8
kisi-kisi Soal
Penilaian akhir tahun
SMP al madinah
tahun pelajaran 2019/2020
Kelas : VIII
Mata Pelajaran :
IPS Terpadu
Semester : 2 (dua)
No |
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Bentuk
Soal |
Nomor
Soal |
1 |
3.3
Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran
serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan
ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN. |
1. Keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan
penawaran sebagai pelaku ekonomi.
2. Permintaan dan penawaran dengan penggunaan
teknologi untuk pelaku ekonomi
3. Pengaruh interaksi antaruang terhadap kegiatan
ekonomi, social, budaya di Indonesia dan ASEAN
4. Kegiatan perdagangan antar daerah, antarpulau, dan
antarnegara (ekspor-impor).
5. Upaya mengembangkan ekonomi maritim dan
agrikultur.
6. Mengembangkan alternatif pendistribusian
pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat. |
1.Siswa
mampu mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan ruang serta pelaku ekonomi
2.Siswa
mampu membedakan data perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara
serta pengaruh interaksi antarruang di Indonesia dan ASEAN
3.Siswa
mampu mengemukakan upaya mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur . 4.Siswa
mampu mengemukakan cara pendistribusian
pendapatan negara.
5.Siswa
mamp menyajikan hasil analisis keunggulan dan kelemahan ruang serta
pengaruhnya terhadap interaksi antar daerah, antarpulau, dan antarnegara. |
Objektif |
1
- 20 |
2 |
3.4
Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai
tumbuhnya semangat kebangsaan..
|
1. Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan
bangsa Indonesia.
2. Perubahan dan kesinambungan (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya)
masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan.
3. Munculnya organisasi pergerakan dantumbuhnya
semangat kebangsaan. |
1.
Menggambarkan
proses kedatangan bangsa eropa dan mengidentifikasi perlawanan bangsa
Indonesia.
2.
Mengumpulkan
data tentang ciri-ciri masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
3.
Menganalisis
hubungan antara organisasi pergerakan dengan tumbuhnya semangat kebangsaan
4.
Menyajikan
hasil analisis kronologi dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat
kebangsaan |
objektif |
21-50 |