-->
Pendidikan Berkarakter SMP Al Madinah

Pendidikan Berkarakter SMP Al Madinah

Pendidikan Berkarakter

Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Depdiknas adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”. Adapun berkarakter mengacu kepada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Adapun beberapa fungsi pendidikan karakter adalah sebagai berikut;

1.    Untuk mengembangkan potensi dasar dalam diri manusia sehingga menjadi individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik.

2.    Untuk membangun dan memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur.

3.    Untuk membangun dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.

Karakter Santri SMP Al Madinah

1.    Bertauhid Kuat

Indikator :

1.    Santri memahami ilmu akidah yang benar sesuai pemahaman salaf sehingga ridho Allah sebagai Robbnya, Islam sebagai agamanya, Muhammad sebagai Nabi dan Rasulnya yang tercermin dalam keyakinan, cara berfikir, perasaan/selera dan tingkah laku.

2.    Bebas dari syirik, takhayul, bid’ah, khurafat  dan sekularisme, pluralisme dan liberalisme.

3.    Hafal dan faham ayat-ayat dan hadits-hadits tentang ketauhidan.

Program Kegiatan :

·      Program idad aqidah

·      Pembelajaran materi akidah

·      Tadabbur alam dan ayat

·      Menerapkan prinsip “semua ustadz adalah guru akidah

·      Malam bina dan taqwa (mabit)

2.             Berakhlak qur’ani

Indikator :

1.                       Memiliki aklak, adab dan kepribadian yang baik.

2.                       Menggambarkan identitas sebagai seorang muslim yang baik.

3.                       Hafal dan faham beberapa ayat dan hadits tentang akhlak.

4.                       Santun, hormat dan patuh kepada orang tua, ustadz/pengasuh dan yang lebih tua.

5.                       Sopan dan santun dalam berbicara dan bertingkah laku.

6.                       Mengaplikasikan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun).

7.                       Memiliki kepedulian terhadap kebersihan, keindahan, dan kelestarian lingkungan.

Program kegiatan :

·      Pembelajaran materi  akhlaq

·      Pelatihan kepribadian

·      Pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dengan keteladanan

·      Halaqah

·      Weekand spirit

·      Kunjungan tokoh

·      Controlling dan pembinaan

3.    Beribadah tekun

Indikator:

1.    Menunaikan ibadah sholat dengan semangat dan tidak terpaksa

2.    Hafal dan memahami makna dari bacaan sholat

3.    Melakukan gerakan sholat dengan benar  sesuai sunnah

4.    Mampu menjadi imam sholat

5.    Rajin puasa sunnah (senin, kamis, syawal, arafah, dll)

6.    Gemar menunaikan sholat lail dan sholat sunnah lainnya

7.    Hafal dan mengamalkan wirid dan doa (setelah sholat dan atau harian).

Program kegiatan :

·      Program idad fiqih ibadah

·      Pembiasaan sholat berjamaah yang disiplin dan terkontrol

·      Pembiasaan sholat nawafil

·      Pembiasaan puasa sunnah

·      Buka puasa bersama

·      Taushiah periodik

·      Controling dan pembinaan rutin 

·      Muhasabah ibadah santri

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel