Pendidikan Berkarakter SMP Al Madinah
Pendidikan Berkarakter
Pengertian
karakter menurut Pusat Bahasa Depdiknas adalah “bawaan, hati, jiwa,
kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen,
watak”. Adapun berkarakter mengacu kepada serangkaian
sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan
keterampilan (skills). Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan
yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta
didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan,
serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.
Adapun beberapa
fungsi pendidikan karakter adalah sebagai berikut;
1. Untuk mengembangkan
potensi dasar dalam diri manusia sehingga menjadi individu yang berpikiran
baik, berhati baik, dan berperilaku baik.
2. Untuk membangun dan
memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur.
3. Untuk membangun dan
meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.
Karakter Santri SMP
Al Madinah
1.
Bertauhid
Kuat
Indikator :
1.
Santri memahami
ilmu akidah yang benar sesuai pemahaman salaf sehingga ridho Allah sebagai
Robbnya, Islam sebagai agamanya, Muhammad sebagai Nabi dan Rasulnya yang
tercermin dalam keyakinan, cara berfikir, perasaan/selera dan tingkah laku.
2.
Bebas dari syirik,
takhayul, bid’ah, khurafat dan
sekularisme, pluralisme dan liberalisme.
3.
Hafal dan faham
ayat-ayat dan hadits-hadits tentang ketauhidan.
Program Kegiatan :
·
Program
idad aqidah
·
Pembelajaran
materi akidah
·
Tadabbur
alam dan ayat
·
Menerapkan
prinsip “semua ustadz adalah guru akidah”
·
Malam
bina dan taqwa (mabit)
2.
Berakhlak
qur’ani
Indikator :
1.
Memiliki aklak, adab dan kepribadian yang
baik.
2.
Menggambarkan
identitas sebagai seorang muslim yang baik.
3.
Hafal dan faham
beberapa ayat dan hadits tentang akhlak.
4.
Santun, hormat dan
patuh kepada orang tua, ustadz/pengasuh dan yang lebih tua.
5.
Sopan dan santun
dalam berbicara dan bertingkah laku.
6.
Mengaplikasikan 5 S
(senyum, salam, sapa, sopan dan santun).
7.
Memiliki kepedulian
terhadap kebersihan, keindahan, dan kelestarian lingkungan.
Program kegiatan :
·
Pembelajaran
materi akhlaq
·
Pelatihan
kepribadian
·
Pembiasaan dalam
kehidupan sehari-hari dengan keteladanan
·
Halaqah
·
Weekand spirit
·
Kunjungan tokoh
·
Controlling dan
pembinaan
3. Beribadah
tekun
Indikator:
1. Menunaikan
ibadah sholat dengan semangat dan tidak terpaksa
2. Hafal dan memahami
makna
dari bacaan sholat
3. Melakukan
gerakan sholat dengan benar sesuai sunnah
4. Mampu
menjadi imam sholat
5. Rajin puasa sunnah (senin, kamis,
syawal, arafah,
dll)
6. Gemar
menunaikan sholat lail dan sholat sunnah lainnya
7. Hafal
dan mengamalkan wirid dan doa (setelah
sholat dan atau harian).
Program kegiatan :
·
Program idad fiqih
ibadah
·
Pembiasaan sholat
berjamaah yang disiplin dan terkontrol
·
Pembiasaan sholat
nawafil
·
Pembiasaan puasa
sunnah
·
Buka puasa bersama
·
Taushiah periodik
·
Controling dan
pembinaan rutin
·
Muhasabah ibadah
santri