Kompetensi Dasar Dan Indikator IPS SMP Kelas VIII Semester I
Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kelas VIII
Semester I
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
1 |
3.1 Menelaah perubahan
keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang
diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan
lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, dan politik. 4.1 Menyajikan hasil
telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia
(teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik |
·
Menyebutkan
negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN ·
Memahami
letak dan luas negara-negara ASEAN ·
Memahami
kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN ·
Memahami
rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN ·
Memahami
flora dan fauna negara-negara ASEAN ·
Memahami
konsep sumber daya alam ·
Menyebutkan
berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar ·
Menyebutkan
berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN ·
Menjelaskan
penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut ·
Memahami
konsep Sumber Daya Manusia ·
Menjelaskan
jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN ·
Menjelaskan
pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN ·
Menjelaskan
konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan ·
Memahami
berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN ·
Menjelaskan
kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi
antarruang di ASEAN; ·
Menjelaskan
distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN ·
Memahami
dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN ·
Memahami
dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN ·
Membuat
peta negara ASEAN ·
Membuat
peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN ·
Menyusun
galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN ·
Membuat
karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN ·
Membuat
karya tulis dengan topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar
Negara-Negara ASEAN” |
2 |
3.2 Menganalisis
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial
dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. 4.2 Menyajikan hasil
analisis tentang pengaruh interaksi
sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta
pengembangan kehidupan kebangsaan. |
·
Memahami
interaksi sosial sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi
kehidupan sosial budaya. ·
Mengidentifikasi
pengaruh mobilitas sosial terhadap budaya ·
Mengidentifikasi
penyebaran mobilitas sosial ·
Memahami
konsep pluralitas ·
Memaparkan
beberapa contoh perbedaan agama, budaya, suku bangsa dan pekerjaan yang dapat
bersumber dari media atau kehidupan di sekitar ·
Mengidentifikasi
pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia ·
Menyebutkan
beberapa konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia ·
Memaparkan
faktor-faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya konflik ·
Mengemukakan
strategi mengatasi permasalahan konflik social ·
Mengemukakan
upaya-upaya mencegah terjadinya konflik social ·
Menyajikan
karya tulis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda
terhadap kehidupan sosial budaya ·
Menyajikan
karya tulis tentang pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia ·
Menyajikan
karya tulis terkait permasalahan konflik sosial dan cara mengatasinya |