Contoh RPP Satu Lembar SMP IPS
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN |
||
Nama Sekolah : SMP Al Madinah Mata Pelajaran: IPS Terpadu Materi : Peta
penyebaran sumber daya alam di Benua Asia dan Benua lainnya |
Kelas / Semester : IX/I Tahun Pelajaran
:2020 / 2021 Alokasi Waktu :
4 x 40 Menit |
|
KD : 3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan
benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik 4.1 Menyajikan
hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia
dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi,
sosial, pendidikan dan politik |
||
Tujuan : Melalui kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model project based learning siswa mampu Membuat
peta penyebaran sumber daya alam di Benua Asia dan Benua lainnya |
||
|
||
PENDAHULUAN 15 Menit |
· Memulai
kegiatan belajar mengajar dengan berdoa dan tadarus Al Qur’an · Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin · Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. ·
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. ·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung ·
Mengaitkan materi pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya, |
|
INTI : 50 Menit |
1. Guru menentukan pertanyaan mendasar yaitu mengapa sumber
daya alam di Benua Asia dan Benua lainnya tersebar tidak merata? 2. Guru menyusun perencanaan proyek untuk membuat peta
penyebaran sumber daya alam di Benua Asia dan Benua lainnya. Dan membagi peserta didik menjadi 6 kelompok yaitu kelompok Benua
Asia, Benua Australia, Benua Eropa, Benua Amerika Utara, Benua Amerika
Selatan Dan Benua Afrika. 3. Guru menyampaikan alat dan bahan yang dibutuhkan,
langkah-langkah mengerjakan tugas dan menyusun jadwal pengumpulan tugas yaitu
tugas dikumpulkan pada minggu depan 4. Peserta didik mulai bekerja dalam kelompok dan guru
memantau keaktifan peserta didik dalam kelompok dan kemajuan proyek 5. Guru melakukan penilaian terhadap hasil kerja
peserta didik 6. Guru melakukan evaluasi pengalaman. Peserta didik
diminta untuk mengunkapkan perasaan dan pengalaman selama mengerjakan proyek |
|
PENUTUP 15 Menit Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan tentang materi yang dipelajari Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa
berkaitan dengan materi yang akan selesai dipelajari. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
ALHAMDULILLAH |
||
PENILAIAN |
||
KETERAMPILAN : Mengerjakan tugas peta
penyebaran sumber daya alam di Benua Asia dan Benua lainnya sesuai dengan
materi yang di ajarkan dan mengumpulkan tepat waktu serta berpartisipasi aktif dalam kelompok. |
||
Mengetahui, Guguak, Juli
2020
Kepala SMP Al Madinah Guru
Mata Pelajaran