-->
Lembar Kerja Mandiri PPG IPS SMP

Lembar Kerja Mandiri PPG IPS SMP

PPG Dalam Jabatan

 


LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri

Judul Modul

Profesional IPS Modul 1

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.      Perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia Masa Pra Aksara Dan Hindu-Budha

2.      Perubahan  dan Kesinambungan  dalam  Kehidupan  Bangsa Indonesia Masa Islam

3.      Perubahan  dan  kesinambungan  dalam  Kehidupan  Bangsa Indonesia Masa Kolonialisme Barat di Indonesia

4.      Aplikasi  Pembelajaran  IPS  pada  Materi  Perubahan  dan Kesinambungan  dalam  Kehidupan  Bangsa  Indonesia  Masa  Pra Aksara, Hindu-Budha, Islam dan Kolonialisme Barat

No

Butir Refleksi

Respon/Jawaban

1

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini

1.      Blood Und Breden Unchiroyang berarti adalah daerah dan tanah bangsa Indonesia adalah berasal  dari  Indonesia  sendiri.

2.      Food gathering adalah corak kehidupan ekonomi manusia pra aksara masa berburu dan meramu.

3.      Kjokkenmoddinger  merupakan tumpukan  timbunan  kulit  siput  dan  kerang  yang  menggunung  di  sepanjang  pantai Sumatera Timur antara Langsa di Aceh sampai Medan

4.      Abris  sous  roche  merupakan  hasil  kebudayaan  yang ditemukan  di  gua-gua.

5.      Macopat yaitu,  masjid ditempatkan  dekat  Istana  (Keraton)  dan  alun -atun,  tempat  bersatunya rakyat dengan rajanya dibawah pimpinan seorang imam.

6.      Tasawuf  adalah  ajaran  tentang  ke Tuhanan,  sehubungan  dengan  hasrat  manusia  yang  didorong  oleh  rasa  cinta terhadap  Tuhannya.

7.      Tharikat  merupakan salah satu upaya kaum sufi mendekatkan diri dengan Tuhannya  di  bawah  bimbingan  guru  tasawuf.

8.      Syaidati, yang artinya permainan orang-orang besar

9.      Reconquiesta adalah semangat kebangsaan untuk membersihkan tanah bangsa Portugis dari  bangsa  Arab  dan  berkewajiban  untuk  membebaskan  daerah  Kristen lainnya yang masih dikuasai oleh umat Islam

10.  Liberte adalah kemerdekaan

11.  Egalite adalah persamaan 

12.  fraternite adalah persaudaraan

13.  Preanger Stelsel, yaitu kewajiban bagi  rakyat Priangan dan sekitarnya untuk menanam tanaman ekspor (kopi

14.  (Cultuurstelsel),  merupakan  peraturan  yang  dikeluarkan  Gubernur  Jenderal  Johannes  van  den  Bosch  pada  tahun  1830  yang  mengharuskan  setiap  desa  menyisihkan  20%  tanahnya  untuk  ditanami  komoditi  yang  laku  dipasar  ekspor, khususnya  tebu,  tarum  (nila)  dan  kopi

15.   Opendeur Politiek  yaitu politik pintu terbuka terhadap modal-modal  swasta  asing.

16.  Discovery  learning  adalah teori belajar yang didefinisikan  sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak  disajikan dengan pelajaran dalam  bentuk  finalnya,  tetapi  diharapkan  mengorganisasi  dan menyelesaikannya sendiri.

17.  Instructional  materials merupakan rincian  spesifikasi  isi  yang  memberikan panduan  bagi  guru  dalam  hal  insensitas  cakupan  dan  jumlah  perhatian  yang dituntut  oleh isi tertentu atau tugas-tugas  paedagogis

2

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini

1.      Pola interaksi ekonomi masyarakat masa pra aksara

2.      Pola interaksi sosial masyarakat masa pra aksara

3.      Hasil karya sastra pada masa Islam

4.      Bukti-bukti proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia

5.      Perbedaan ciri-ciri kolonialisme Portugis, Belanda dan Inggris

6.      Dasar pemikiran sistem tanam paksa

7.      Macam-macam pendekatan pembelajaran

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1.      Sistem sosial kemasyarakatan dengan interaksi sosial masyarakat yang berkembang pada masa pra aksara

2.      Perbedaan proses Masuk dan Berkembangnya Agama Islam di Indonesia dengan teori Masuknya Agama Islam di Indonesia

3.      Perbedaan dan kesamaan kolonialisme Portugis, Belanda dan Inggris

4.      Perbedaan dasar pemikiran tanam paksa dan sewa tanah

 

 

 

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri

Judul Modul

Profesional IPS Modul 2

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1. Perubahan  Dan  Kesinambungan  Dalam  Kehidupan  Bangsa Indonesia Masa Pergerakan Nasional Dan Pendudukan Jepang

2.    Perubahan  Dan  Kesinambungan  Dalam  Kehidupan  Bangsa Indonesia Masa Revolusi Dan Orde Lama

3.    Perubahan  Dan  Kesinambungan  Dalam  Kehidupan  Bangsa Indonesia Masa Orde Baru Dan Reformasi

4.    Strategi  Pembelajaran  Ips  Pada  Materi  Perubahan  Dan Kesinambungan  Dalam  Kehidupan  Bangsa  Indonesia  Masa Pergerakan Nasional Sampai Reformasi

No

Butir Refleksi

Respon/Jawaban

1

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini

1.    Indische Partij  adalah partai politik pertama di Indonesia dalam waktu

singkat  telah  mempunyai  30  cabang  dengan  anggota  lebih  kurang 7000 orang kebanyakan orang Indonesia

2.    Cuo  Sangi  In  adalah  suatu  badan  yang  bertugas  mengajukan  usul

kepada pemerintah serta menjawab pertanyaaan mengenai soal-soal

politik,  dan  menyarankan  tindakan  yang  perlu  dilakukan  oleh

pemerintah militer Jepang.

3.    Tonarigumi  merupakan  kelompok-kelompok  yang  masingmasing  terdiri  atas  10–20  rumah  tangga.

2

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini

1.    Mampu  menjelaskan  kehidupan  bangsa  Indonesia  pada  masa  pergerakan nasional sampai kemerdekaan.

2. Mampu membandingkan sifat perjuangan organisasi pergerakan nasional

3. Mampu  membandingkan  sifat  perjuangan  tokoh  nasional  pada  masa pendudukan Jepang.

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1.    Sifat perjuangan organisasi pergerakan nasional

2.    kehidupan politik pada masa revolusi dan masa orde lama

 

 

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri

Judul Modul

Profesional IPS Modul 3

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Produksi, Distribusi dan Konsumsi

2.    Permintaan dan Penawaran

3.    Strategi Pembelajaran IPS pada Materi Interaksi antara Manusia dan Ruang dalam berbagai Kehidupan Ekonomi

No

Butir Refleksi

Respon/Jawaban

1

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini

1.    form utility yaitu suatu barang akan memiliki nilai guna apabila telah mengalami perubahan bentuk

2.    Transit  duties merupakan  pajak/bea  yang  dikenakan  kepada barang-barang yang melalui batas wilayah suatu negara dengan  tujuan akhir barang tersebut ke negara lain.

2

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini

1. Faktor, jenis dan fungsi produksi

2. Proses,  saluran dan  faktor  pemilihan saluran distribusi serta fungsi distribusi

3.Proses  dan  faktor  tinggi  rendahnya  konsumsi  serta  fungsi konsumsi

4.    Hukum, fungsi dan elastisitas permintaan

5.    Hukum, fungsi dan elastisitas penawaran

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1.    Proses  dan  faktor  tinggi  rendahnya  konsumsi  serta  fungsi konsumsi

2.    Perbedaan elastisitas permintaan dan penawaran

 

 

Judul Modul

Profesional IPS Modul 4

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Interaksi sosial dan perilaku menyimpang

2.    Lembaga sosial dan mobilitas sosial

3.    Perubahan sosial budaya dan globalisasi

4.    Strategi pembelajaran IPS

No

Butir Refleksi

Respon/Jawaban

1

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini

1.    Pola  lingkaran  merupakan  pola  interaksi  yang  menunjukkan  adanya kebebasan dari setiap anggota untuk berhubungan  dengan pihak manapun dalam

2.    Bargaining,  pelaksanaan  perjanjian  mengenai  pertukaran  barang-barang dan jasa-jasa  antara dua organisasi atau lebih.

3.    Crescive  institutions adalah lembaga  sosial  yang  secara  tidak  sengaja  tumbuh  dari  adat  istiadat yang  ada  dalam  kehidupan  masyarakat  atau  dikenal  dengan  istilah

4.    Agent  of  change Pihak-pihak  yang  menghendaki  suatu  perubahan

2

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini

1. Hubungan interaksi sosial dan dinamika kehidupan sosial

2. Teori-teori yang berkaitan dengan penyimpangan sosial

3. Hakikat pengendalian sosial

4. Proses pelembagaan sosial

5. Tipe-tipe lembaga sosial

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1.    Perbedaan interkasi sosial dengan dinamika sosial

2.    Proses pelembagaan sosial

 

 

Judul Modul

Profesional IPS Modul 5

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Letak dan Kondisi Geografis Indonesia serta hubungannya dengan SDA

2.    konsep  kondisi  geologis  Indonesia  dan  pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia, flora dan fauna.

3.    Interaksi  antar  wilayah  dan  Pengaruhnya  terhadap  perdagangan  dan mobilitas penduduk.

4.                  4. Strategi pembelajaran IPS pada materi Konsep ruang dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia .

No

Butir Refleksi

Respon/Jawaban

1

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini

1.    Sedimentary basin adalah cekungan  sedimen yang disebabkan aktifitas tektonik di wilayah Indonesia

2.    Xerophyta, yaitu jenis tumbuhan yang sangat tahan terhadap lingkungan hidup yang kering atau gersang.

3.    Mesophyta, yaitu jenis tumbuhan yang sangat cocok hidup di lingkungan yang lembap.

2

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini

1. Konsep lokasi geografis Indonesia.

2. Hubungan lokasi geografis Indonesia dalam kaitannya dengan  potensi sumberdaya alam.

3. Kondisi geologis Indonesia pengaruhnya terhadap kehidupan manusia

4. Pengaruh kondisi wilayah Indonesia terhadap perdagangan.

5.    Pendekatan, model, dan metode pembelajaran

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1.    Kaitan lokasi geografis dengan potensi sumber daya alam

2.    Perbedaan pendekatan, model dan metode pembelajaran

 

 

 

Judul Modul

Profesional IPS Modul 6

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1.    Peran Indonesia dalam Organsasi Regional

2.    Peran Indonesia dalam Organsasi Internasional

3.    Revolusi Industri 4.0

4.    Strategi  Pembelajaran  IPS  dalam  Materi  Peran  Indonesia  dalam  Dunia Internasional

No

Butir Refleksi

Respon/Jawaban

1

Daftar peta konsep (istilah dan definisi) di modul ini

1.    Belligerent adalah kelompok pemberontak yang telah berkembang menjadi kuat dan besar serta menentang pemerintah berkuasa

2.    Treaty  Contract  yaitu  traktat-traktat  yang  tidak  langsung  membentuk hukum dan hanya membentuk hukum secara tidak langsung melalui hukum kebiasaan

3.    Revolusi Industri 4.0 merupakan zaman yang tercipta akibat dari  penemuan teknolog- teknologi baru yang saling  berkaitan.

2

Daftar materi yang sulit dipahami di modul ini

1.    Subjek/pelaku hubungan internasional.

2.    Perjanjian internasional.

3.    Pembelajaran mandiri, peserta dapat menjelaskan Peran Indonesia  dalam OKI.

4.    Peran Indonesia dalam PBB.

5.    Revolusi industri 4.0 (era disrupsi).

6.    Pendidikan dalam era revolusi industri 4.0.

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi

1.    Macam-macam pelaku hubungan Industri

2.    Kronologis revolusi industri 4.0

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel