-->
 LK 3.7 LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR KE-1 SAMPAI KE-3

LK 3.7 LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR KE-1 SAMPAI KE-3

 

PPG Dalam Jabatan 2021


LK 3.7 LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR KE-1 SAMPAI KE-3

a.      Deskripsi Jenis Kasus/Masalah Pelaksanaan Pembelajaran

Kasus Kegiatan Mengajar 1

1.      Permasalahan teknis ketika pengambilan video suara tidak terdengar jelas di rekaman video

2.      Peserta didik yang terlihat canggung karena belajar sambil direkam videonya sehingga tidak aktif seperti biasa

3.      Hasil rekaman video suaranya hilang/tidak terdengar jelas

4.      Salah satu video yang di ambil tidak bisa di buka

Kasus Kegiatan Mengajar 2

1.      Kendala teknis pada saat pemindahan file video dari perangkat HP ke computer file video hilang karena computer tiba-tiba re start otomatis

2.      Rekaman suara tidak menyatu dengan rekaman video

3.      Peserta didik kurang konsentrasi dalam belajar

Kasus Kegiatan Mengajar 3

1.      Jumlah peserta didik yang hadir dalam kegiatan pembelajaran hanya 6 orang peserta didik

2.      Video pembelajaran yang ditampilkan kurang jelas

3.      Kegiatan pembelajaran kurang aktif

4.      Kalimat dalam video yang sudah di edit terpotong

5.      Peserta didik kurang tertib dalam belajar

6.      Langkah-langkah dalam kegiatan penutup kurang

b.      Deskripsi Faktor Penyebab

Faktor penyebab kasus 1

1.      Posisi alat perekam video jauh dari sumber suara

2.      Peserta didik belum terbiasa belajar sambil direkam

3.      Masih kurang pengetahuan dalam mengedit video

4.      Format video yang tidak terbaca

Faktor penyebab kasus 2

1.      Kendala teknis pada hard drive

2.      Rekaman suara yang berasal dari tiga perangkat yang berbeda

3.      Kegiatan PL bersamaan dengan kegiatan gotong royong di asrama

Faktor penyebab kasus 3

1.      Terkendala jaringan karena listrik padam

2.      Perangkat yang akan digunakan untuk belajar daring dibawa oleh orang tua

3.      Koneksi jaringan kurang stabil

4.      Ukuran video yang terlalu besar

5.      Peserta didik yang canggung ketika belajar daring

6.      Kurang ahli dalam mengedit video

7.      Guru tidak menjelaskan tata tertib belajar daring kepada peserta didik

8.      Langkah-langkah dalam kegiatan penutup yang terdapat dalam RPP masih belum lengkap

c.       Deskripsi Alternatif Solusi/Tindakan

Solusi/Tindakan kasus 1

1.      Menggunakan alat perekam yang lebih baik

2.      Memberikan pengarahan kepada peserta didik agar lebih tenang dan bersikap belajar seperti biasa

3.      Berkerjasama dengan teman sejawat yang lebih ahli dalam editing video

4.      Menggunakan perangkat lain yang lebih baik

Solusi/Tindakan kasus 2

1.      Membuat video pembuka dan penutup dan menambah kapasitas hard drive pada CPU

2.      Mengedit dengan menggunakan aplikasi filmora

3.      Memberikan motivasi kepada peserta didik

Solusi/Tindakan kasus 3

2.      Tetap melaksanakan pembelajaran dengan peserta didik yang hadir

3.      Mencari video pembelajaran yang ukurannya lebih kecil

4.      Mengajak peserta didik untuk belajar dengan santai seperti biasa belajar tatap muka

5.      Belajar cara untuk mengedit video dengan baik

6.      Sebelum belajar menjelaskan tata tertib belajar daring kepada peserta didik

7.      Melengkapi langkahlangkah kegiatan penutup dalam RPP

d.        Uraian Hasil yang Didapatkan dari Tindakan

Hasil tindakan 1

Pada PPL siklus 1 banyak terkendala mengenai masalah teknis pada saat perekaman dan pengeditan video. Masalah tersebut di sebabkan oleh belum memiliki pengalaman dan keahlian dalam merekam dan mengedit video pembelajaran. Pada PPL siklus 1 saya memperoleh pengetahuan baru terkhusus dalam kemampuan perekaman dan pengeditan video yeng termasuk kepada keashlian guru pada abad 21.

Hasil tindakan 2

Pada PPL siklus 2 kendala yang dihadapi tidak jauh berbeda dengan PPL siklus 1. Kendala teknis terjadi karena video utama yang direkam menggunakan perangkat HP terhapus. Pengetahuan baru yang diperoleh adalah kemampuan menedit video pembelajaran

Hasil tindakan 3

Pada PPL siklus 3 kendala yang dihadapi karena menggunakan moda daring saya tidak menjelaskan tata tertib belajar daring kepada peserta didik sehingga ketika belajar peserta didik terlihat kurang serius dalam belajar. Hasil yang di dapatkan setelah PPL siklus 3 adalah pengetahuan baru mengenai pembelajaran dengan moda daring.

1.      Simpulan

Kendala yang banyak dihadapi dalam pelaksanaan PPL adalah kendala dari segi teknis, tetapi terjadi peningkatan perbaikan PPL 1,2 dan 3 karena pada setelah kegiatan PPL dilaksanakan, pelaksanaan PPL diberikan saran dan bimbingan dari dosen dan guru pamong sehingga ditemukan solusi untuk perbaikan PPL selanjutnya. Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) disekolah sangat penting bagi mahasiswa PPG sebagai guru terutama dalam menghadapi tantangan menjadi guru di abad 21

2.        Saran

Guru harus selalu belajar dan memperbaiki kegiatan pembelajaran dengan selalu berinovasi dengan pendekatan, model, metode maupun alat dan media pembelajaran yang digunakan. Pada saat ini para guru harus bisa mengembangkan kemampuannya terutama secara mandiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel