-->
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN  TAHUN PELAJARAN IPS SMP/MTs

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN TAHUN PELAJARAN IPS SMP/MTs

 

Penilaian Akhir Tahun



KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Jenjang Pendidikan     : SMP/MTs                                                                                                                                          Jumlah/Jenis Soal        : 50/Pilihan Ganda

Mata Pelajaran            : IPS                                                                                                                                                    Waktu                          : 90 Menit

Kurikulum                   : Kurikulum 2013                                                                                                                               

Kelas/ Semester           :  VIII/ 2

 

No

Kompetensi dasar

Materi

Indikator

No. Soal

1.

3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.  

ü Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia.

1.        Peserta didik dapat menggambarkan proses kedatangan bangsaeropa

1 - 26

 

2.        Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa eropa ke nusantara

3.        Peseta didik dapat mengidentifikasi Bangsa Eropa yang datang ke Indonesia

ü Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya)  masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.

1.          Peserta didik dapat mengidentifikasi perlawanan bangsa Indonesia.

27 - 41

2.         Peserta didik dapat menjelaskan tentang ciri-ciri masyarakat Indonesia pada masa penjajahan

 

 

4.        Peserta didik dapat mengidentifikasi kebijakan -kebijakan pemerintah kolonial di nusantara

ü  Munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya semangat kebangsaan.

1.          Menganalisis hubungan antara organisasi pergerakan dengan tumbuhnya semangat kebangsaan

42 – 50

 

2.Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang tumbuhnya kesadaran kesadaran nasional Indonesia

 

3.       Peserta didik dapat menjelaskan organisasi pergerakan nasional

 

4.       Peserta didik dapat menjelaskan manifesto politik 1925 dan kongres pemuda

 

 

 

 

 

 

 

           

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel