KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN TAHUN PELAJARAN IPS SMP/MTs
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Jenjang Pendidikan : SMP/MTs Jumlah/Jenis Soal : 50/Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : IPS Waktu : 90 Menit
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kelas/ Semester :
VIII/ 2
No |
Kompetensi dasar |
Materi |
Indikator |
No. Soal |
|
1. |
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. |
ü Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia. |
1.
Peserta didik dapat menggambarkan proses kedatangan bangsaeropa |
1 - 26 |
|
2.
Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa eropa
ke nusantara |
|||||
3.
Peseta didik dapat mengidentifikasi Bangsa Eropa yang datang ke
Indonesia |
|||||
ü Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan,
sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. |
1.
Peserta didik dapat
mengidentifikasi perlawanan bangsa Indonesia. |
27 - 41 |
|||
2.
Peserta didik dapat menjelaskan tentang ciri-ciri masyarakat Indonesia pada masa penjajahan |
|
||||
4.
Peserta didik dapat mengidentifikasi kebijakan -kebijakan pemerintah
kolonial di nusantara |
|||||
ü
Munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya semangat kebangsaan. |
1.
Menganalisis hubungan antara organisasi pergerakan dengan tumbuhnya semangat kebangsaan |
42 – 50 |
|
||
2.Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang
tumbuhnya kesadaran kesadaran nasional Indonesia |
|
||||
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan organisasi
pergerakan nasional |
|
||||
4.
Peserta
didik dapat menjelaskan manifesto
politik 1925 dan kongres pemuda |
|||||
|
|||||
|
|
||||
|
|
||||
|
|