-->
Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan

Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan


Pengelolaan sampah

PENGELOLAAN SAMPAH BERWAWASAN LINGKUNGAN
SMP AL MADINAH
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

A.    Latar Belakang
SMP AL Madinah adalah salah satu sekolah yang menjadi pusat perhatian karena terletak di Kabupaten Solok dan berada di lingkungan instansi pemerintahan dimana biasa dilaksanakan berbagai kegiatan. SMP AL Madinah juga sebagai sekolah berbasis pondok pesantren banyak sangat menghasilkan sampah yang bertumpuk.

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Dalam istilah lingkungan, sampah diartikan sebagai: ”bahan yang terbuang atau dibuang dari hasil kegiatan manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis."

Pertambahan jumlah warga SMP AL Madinah dan perubahan pola konsumsi menimbulkan pertambahan volume, jenis & karakteristik limbah dan sampah. Pengelolaan selama ini belum sesuai dengan metode & teknik pengolahan limbah dan  sampah yang berwawasan lingkungan. Limbah dan Sampah telah menjadi masalah global sehingga perlu penanganan yang komprehensif & terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat.

Limbah dan sampah sudah menjadi masalah yang serius dan tidak henti-hentinya dibicarakan, hanya saja kesadaran masyarakat yang masih belum ada. Padahal jika dilihat dari sisi positifnya, limbah dan sampah memiliki banyak manfaat.

Sejalan dengan UU No. 18 Th 2008 tentang Pengelolaan Sampah dibutuhkan suatu kegiatan yang terprogram  untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pendidikan dan kesadaran di bidang pengelolaan limbah dan sampah yang semakin penting dari perspektif global dari manajemen sumber daya Untuk itu SMP AL Madinah mewujudkan penanganan terhadap permasalahan tersebut melalui program Pendidikan yang kelak menjadi program Unggulan yaitu Program PENGELOLAAN SAMPAH BERWAWASAN LINGKUNGAN. Program ini juga dirancang sebagai iimplikasi secara terpadu dan terintegrasi mata pelajaran yaitu, Mata Pelajaran Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Pendidikan Seni, Ekonomi dan Bahasa Indonesia.

B.     TUJUAN
1.    Meningkatkan kemampuan dan keahlian peserta didik dalam bidang lingkungan.
2.    Memperluas wawasan peserta didik dalam menarik hubungan antara kegiatan Pengelolaan lingkungan yang dilakukan dengan ilmu pengetahuan yang diberikan pada kegiatan  intrakurikuler
3.    Menumbuhkan sikap ilmiah peserta didik
4.    Menumbuhkan sikap disiplin,tanggung jawab dan cinta lingkungan.

C.     SASARAN
1.    Peserta didik terlatih untuk disiplin,tanggung jawab dan cinta lingkungan.
2.    Peserta didik mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diberikan pada kegiatan intra kurikuler dalam bentuk praktek lapangan dalam bidang lingkungan.
3.    Peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya dalam kegiatan lingkungan  dan pembuatan laporan karya ilmiah.


D.    SUBSTANSI KEGIATAN
1)   Pengelolaan Sampah Organik dan Sampah Anorganik
a.    Alat dan Bahan yang dibutuhkan (disesuaikan dengan jenis dan volume limbah/sampah yang ada di SMP AL Madinah)
b.    Langkah Kegiatan
                                                             i.      Persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan
                                                           ii.      Mendesain/merancang tong sampah/bak penampungan limbah/sampah (Matematika, Fisika, dan Pendidikan Seni)
                                                         iii.      Pembuatan/penyediaan tong sampah / bak penampungan sesuai dengan jenis dan volume sampah, bernilai seni dan ekonomis. (integrasi mata pelajaran Matematika, Fisika dan Pendidikan Seni)
                                                         iv.       Pengolahan sampah
Sampah Organik dengan Biologi dan Kimia
Sampah Anorganik dengan Pendidikan Seni
                                                           v.      Tindak Lanjut Hasil Olahan Sampah    (Pendidikan Seni, Pendidikan Ekonomi)

2)   Pembuatan Laporan Karya Ilmiah (Bahasa Indonesia)
a.       Siswa membuat laporan karya ilmiah dari hasil kerja prakteknya dibimbing oleh pembimbing
b.      Pengumpulan laporan dilakukan paling lambat akhir semester.

  1. PELAKSANA KEGIATAN DAN PIHAK-PIHAK TERKAIT
1.                  Siswa                    
2.                  Pembimbing                                 
3.                  Pembina                                                   
4.                  Kepala Sekolah
5.                  Masyarakat

  1. TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren Al Madinah
  1. Manfaat Pengelolaan sampah
1.      Penghematan sumber daya alam
2.      Penghematan energi
3.      Penghematan lahan TPA
4.      Lingkungan asri (bersih, sehat, nyaman)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel